Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR RI Bekerjasama dengan Kementerian Kominfo Luncurkan Prangko Empat Pilar
Oleh : Irawan
Jumat | 29-03-2019 | 15:54 WIB
Prangko_4_ilar.jpg Honda-Batam
Peluncuran prangko empat pilar dengan tema '4 Pilar dalam Bingkai Prangko'

BATAMTODAY.COM, Jakarta - MPR RI bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI meluncurkan prangko empat pilar dengan tema '4 Pilar dalam Bingkai Prangko'. Prangko ini diharapkan makin memperkuat nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinnekata Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Peluncuran 4 Pilar dalam bingkai prangko ini semata untuk memperkuat secara terus-menerus akan nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari," tegas Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Hadir antara lain Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala Regional 4 Jakarta PT. Pos Indonesia Oni Hardiono, Kepala SBU Non Keuangan RU Peruri Bapak Fadel, dan Kabag Humas MPR RI Hj. Siti Fauziah.

Dengan demikian, lanjut Ma'ruf, MPR telah menempatkan 4 Pilar MPR dalam prangko ini untuk mendekatkan nila-nilai luhur bangsa itu kepada masyarakat. Sehingga nantinya prangko itu tidak dimaknai secara harfiah, melainkan menyatu dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indoensia.

Apalagi kata Ma'ruf, isi prangko ini juga ada 'Pembukaan UUD 1945'. "Sehingga prangko ini mempunyai makna yang sangat tinggi dalam masyarakat. Karena itu, MPR berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan prangko ini. Semoga prangko ini makin memperkokoh kebangsaan kita," katanya.

Ma'ruf menilai meskipun ada anggapan bahwa penggunaan prangko untuk Sosialisasi Empat Pilar dinilai tidak efektif, karena sudah mulai ditinggalkan oleh publik. Namun, dia yakin prangko tetap memiliki segmen tersendiri dan tetap akan efektif.

"Kita akan menggunakan segala cara baik itu yang efektif maupun tidak efektif, tapi saya kira prangko tetap memiliki segmented sendiri, misalnya untuk koleksi. Jadi tergantung cara pandang kita, kita mengganggap tetap efektif," pungkasnya.

Kepala Biro Humas Setjen , MPR Siti Fauziah menambahkan, MPR sudah sosialiasi 4 pilar MPR RI tidak hanya melalui prangko, tetapi berbagai metode dan tingkatkan seperti dari tingkat taman kanak-kanak dengan lomba mewarnai, cerdas-cermat, seni dan budaya, debat 4 Pilar MPR, dan lain-lain.

Editor: Surya