Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Lingga Beri Pengobatan Gratis Bagi Penderita TBC
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 28-03-2019 | 17:52 WIB
gratis-obati-tb-lingga.jpg Honda-Batam
Ilsutrasi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Lingga memberi kesempatan pengobatan gratis bagi warga yang menderita penyakit Tubercle Bacillus (TB) atau juga dikenal dengan penyakit TBC.

Pengobatan bisa dilakukan di setiap Puskesmas hingga sampai sembuh. "Buat semua penderita TB berobatnya gratis sampai sembuh," kata Kepala DKPPKB Lingga melalui Kepala seksi (Kasi) Penanganan Penyakit Menular, Adhe Permanna Putra, Kamis (28/03/2019).

Ia menjelaskan, pengobatan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya dalam mengobati pasien penderita TB. Untuk itu, diharapkan kepada pengelola Puskesmas dan kader-kader yang langsung berada di tengah masyarakat dapat mengamati para penderita yang mengalami hal demikian.

"Jadi ketika warga yang mengalami batuk menahun ini dicek sputum dahaknya, maka apabila dinyatakan positif akan segera diobati. Terlebih lagi obatnya gratis," jelasnya.

Adhe berharap, dengan adanya pengobatan gratis semua pasien TB tidak malu dan takut untuk diobati. Pasalnya, penyakit ini akan sembuh total jika rutin mengonsumsi obat.

Editor: Gokli