Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian MRT di Bundaran HI
Oleh : Redaksi
Minggu | 24-03-2019 | 16:04 WIB
jokowi_resmikan_mrt.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian MRT Jakarta fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan transportasi publik moda raya terpadu atau MRT Jakarta fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (24/3/2019) pagi. Presiden juga mencanangkan pembangunan fase kedua MRT rute Bundaran HI-Kota.

Sebelum meresmikan, Jokowi naik MRT Jakarta dari Stasiun Istora Mandiri, Senayan, Jakarta, Minggu (24/3/2019) pukul 07.30 WIB. Jokowi dan rombongan menuju tujuan akhir Stasiun Bundaran HI.

Setibanya di Stasiun Bundaran HI, Jokowi tak langsung menuju panggung utama peresmian MRT Jakarta yang ada di depan Pos Polisi Bundaran HI. Di panggung masih berlangsung hiburan untuk warga.

"Hari ini sebuah peradaban baru akan kita mulai, yaitu dengan dioperasikannya MRT di DKI Jakarta, fase pertama," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Dalam pidatonya, Presiden juga menyatakan: "Ini adalah sebuah budaya baru, karena yang merupakan pertama di Indonesia, MRT," katanya, yang disambut sorak-sorai warga yang memadati Bundaran HI.

Peresmian dilakukan di area hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Presiden sebelumnya meninjau maket pembangunan fase kedua dan kemudian berjalan menuju panggung di kawasan Bundaran HI.

Presiden mengenakan kaos warna abu-abu dan celana jeans biru. Dia didampingi sejumlah menteri dan Gubernur DKI.

Di sepanjang jalan, dari stasiun MRT Bundaran HI menuju panggung, Presiden berjalan kaki, menyapa dan bersalaman dengan warga yang memadati Bundaran HI dan sekitarnya.

Sejumlah laporan menyebutkan, operasi komersial atau berbayar baru akan diberlakukan mulai 1 April 2019.

Namun demikian, tarif MRT Jakarta fase satu sejauh ini belum diputuskan. DPRD DKI Jakarta direncanakan akan memutuskan subsidi dan tarif MRT Jakarta fase satu pada Senin (25/03). Pemprov DKI telah mengusulkan tarif rata-rata Rp10.000 per penumpang.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rute pertama ini akan mulai beroperasi awal April 2019.

Adapun jadwalnya, untuk sementara mulai Maret sampai April, mulai pukul 05.30 hingga 22.30 WIB. "Setelahnya, kita rencanakan jadwalnya dimulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB," kata Anies.

Anies juga mengatakan MRT sudah terintregrasi dengan moda transportasi Trans Jakarta, dan nantinya direncanakan terhubungan dengan Commuter Line dan kereta api.

Di hadapan masyarakat yang memadati Bundaran HI, Anies menyebut sejumlah nama gubernur, yang disebutnya berperan dalam pembangunan MRT, termasuk Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Telah kita tuntaskan pembangunan 14 stasiun, dan MRT Jakarta akan beroperasi dengan 18 rangkaian," kata Anies.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mendes PDTT Eko Sandjojo, Menkominfo Rudiantara, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Kepala Bekraf Triawan Munaf, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Hadir pula Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Editor: Surya