Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Telemedicine RSUD Embung Fatimah Permudah Akses Medis
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 21-03-2019 | 11:40 WIB
rsud-eMBUNG-fATIMAH.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para staff Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. (Foto: Hendra).

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah menerapkan aplikasi Telemedicine. Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses medis antar sesama rumah sakit.

Telemedicine atau yang dikenal juga dengan telehealth merupakan pengiriman layanan kesehatan berbasiskan teknologi dan komunikasi jarak jauh antar rumahsakit maupun puskesmas di wilayah berbeda.

Iin Dewi Astuti, Kasi Pelayan Penunjang Medic Kementrian Kesehatan mengatakan, layanan ini sangat efektif dan efesien dalam mengurangi jarak dan waktu yang akan dihadapi dalam suatu permasalahan kesehatan. Tidak semua rumah sakit memiliki dokter spesialis, dan ketika ada penanganan medis yang membutuhkan dokter tertentu, setiap rumah sakit cukup berkonsultasi melalui telemedicine.

"Hal ini sangat efektif dan juga efisien dalam dunia kesehatan. Kayak demo tadi, tidak adanya dokter kanker di Natuna, cukup dengan konsultasi, jadi tidak perlu lagi mendatangkan pasien ke Batam, cukup dengan konsultasi via telemedicine aja," ujarnya.

Untuk di Indonesia sendiri, RSUD Embung Fatimah sendiri merupakan yang sangat rajin menerima layanan telemedicine, karena merupakan rumah sakit pengampu.

"Kita urutan ke-3 yang paling rajin menjawab konsult dari beberapa rumahs akit yang di ampunya," tambah Dewi.

Sementara itu Direktur RSUD Embung Fatimah, drg Ani Dewiyana kepada BATAMOTDAY.COM mengatakan, ia sangat mengapresiasi ketersediaan Satelit Palapa Ring dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau biasanya juga disebut ICT, Information and Communication Technologies, sebagai wadah dalam memproses dan menyampaikan informasi yang bisa dinikmati oleh setiap instansi pemerintahan, termasuk RSUD Embung Fatimah sendiri.

"Kita sangat mengapresasi, karena tujuannya adalah salah satu upaya peningkatan layanan dan mengurangi cost. Bisa konsultasi medis karena lebih simpel," pungkasnya.

Editor: Chandra