PKP

Bekerja Seharian di Depan Komputer, Ini 5 Cara Sederhana Atasi Mata Lelah
Oleh : Redaksi
Kamis | 14-03-2019 | 15:04 WIB
mata-lelah1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bekerja seharian di depan komputer lama-lama dapat membuat mata Anda lelah. Coba luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan trik ini.

Dengan sederhana, trik ini dapat mengatasi rasa lelah di mata.

1. Tutup mata dengan telapak tangan
Gosok-gosok kedua telapak tangan Anda selama kira-kira 15-20 detik atau sampai tangan terasa hangat. Kemudian letakkan telapak tangan di atas mata tertutup hingga Anda tidak bisa melihat cahaya sedikit pun.

Lakukan latihan yang dapat meredakan ketegangan di mata ini selama 1-2 menit, lalu ulangi sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Konsentrasi pada satu obyek
Pegang sebuah pensil dan rentangkan lengan Anda ke depan. Konsentrasikan mata pada ujung pensil, lalu secara perlahan bawa pensil sampai ke depan hidung Anda. Kemudian rentangkan tangan kembali perlahan-lahan dan lakukan latihan ini tanpa mengedipkan mata.

3. Pijat dan kompres
Cobalah tutup mata sejenak, lalu pijat-pijat area sekitar mata dengan gerakan memutar. Lakukan pijatan lembut ini selama 10-15 menit.

Setelahnya, Anda bisa mengompres mata dengan kapas atau handuk yang telah dibasahi air dingin. Bisa juga menggunakan potongan timun, yang sebelumnya telah dimasukkan ke lemari es, untuk menenangkan mata yang lelah.

4. Gerakkan atas-bawah
Usahakan wajah tegak lurus dan tidak menunduk saat melakukan latihan ini. Gerakkan bola mata ke atas, kemudian perlahan-lahan gerakkan ke bawah. Lakukan latihan ini sebanyak 8-10 kali sehari, yang bisa mengurangi rasa lelah akibat terlalu lama membaca atau melihat satu obyek secara terus-menerus.

5. Kedipkan mata
Kedipan mata merupakan jenis latihan yang sangat sederhana. Kedipkan mata Anda setiap 2-3 detik selama 2 menit terus-menerus untuk menyegarkan mata. Latihan seperti ini sangat dianjurkan bagi Anda yang bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha