Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data Pengidap TB di Tanjungpinang Capai 600 Kasus
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 08-03-2019 | 08:52 WIB
poster-tb.jpg Honda-Batam
Poster kampanye bebas TB di Rutan Tanjungpinang. (Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mengakui tren penurunan pengidap infeksi tuberkulosis (TB) di ibukota Kepulauan Riau masih rendah.

Dalam beberapa tahun terakhir, angka penurunan TB, masih berkisar antara 2 hingga 5 persen. "Penurunan memang belum signifikan," ucap Rustam di Tanjungpinang, Rabu (6/3/2019), seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Secara keseluruhan, kata Rustam, di Tanjungpinang saat ini berjumlah 600 kasus. Pengidap TB merata di tingkat usia, mulai anak-anak hingga dewasa.

Rustam menyebut pihaknya telah melakukan berbagai program dalam menanggulangi penyakit ini. Mulai melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan, pengobatan, hingga penguatan Posyandu guna mengedukasi masyarakat.

Namun dari kesemuanya itu, Rustam menyebut jika upaya pencarian terhadap penderita TB yang harus dilaksanakan secara masif.

Menurut dia, saat ini jumlah pengidap infeksi TB di Tanjugpinang yang tedata baru antara 60-70 persen. "Sisanya ini yang harus dicari supaya bisa diobati sampai sembuh," ujarnya.

Editor: Gokli