Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Tuberkolosis sedunia

Dinkes Lakukan Skrining TB terhadap 385 WBP Rutan Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 06-03-2019 | 14:40 WIB
skrining-tb-rutan-tpi1.jpg Honda-Batam
Dinkes Skrining TB di Rutan Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 385 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas I Tanjungpinang dilakukan skrining Tuberkolosis (TB) oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan pihaknya melakukan skrining kepada 385 WBP, dengan tujuan untuk mendeteksi TB di Rutan Tanjungpinang.

"Program pencegahan TB mulai dari menjaga kebersihan lingkungan dan pengobatan. Termasuk melalui posyandu, ventilasi di rumah serta menjaga pola makanan yang bergizi," ujar Rustam, Rabu (6/3/2019).

Di tempat yang sama, Karutan Kelas I Tanjungpinang, Fonika Afandi mengatakan saat ini 385 WBP yang dilakukan pemeriksaan Skrining TB oleh dinas kesehatan. Hal ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa penyakit TBC ini masih menjadi epidermi di Indonesia terkhusus Rutan Tanjungpinang.

"Beberapa waktu lalu ada WBP yang terjangkit, tetapi sudah dilakukan pengobatan yang intensif," ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan menyambut baik kegiatan di Rutan Tanjungpinang melakukan kerjasama (MoU) dengan Dinas Kesehatan Pemko Tanjungpinang untuk pemeriksaan kepada seluruh WBP.

"Sekarang ini upaya kami untuk mencegah penyakit TBC melakukan kerjasama dan bersinergi," ujar Syahrul usai menghadiri peringatan hari Tuberkolosis sedunia, Deklarasi UPT Bebas HP dan Peredaran Gelap Narkoba, dan Penandatanganan MOU dengan BNKK, Dinas Kesehatan, DMI Kota Tanjungpinang, PMI provinsi Kepri, Baznas, Paham Kepri, Yayasan Theravada Skya Putta dan PT. Fajar Basthi di Rutan Kelas I Tanjungpinang.

Editor: Yudha