Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Keahlian yang Dibutuhkan di Singapura
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 05-03-2012 | 11:05 WIB
Tenaga_Kerja_Singapura.jpg Honda-Batam

Pencari kerja di Singapura. Foto:Ilustrasi

SINGAPURA, batamtoday - Berdasarkan survey yang dilakukan Hays, dua keahlian yang paling banyak dicari pengusaha Singapura adalah bidang penjualan dan engineering.

Dari total 900 pengusaha yang disurvey, sebagian besar atau sekitar 24 persen mengaku kesulitan merekrut staff engineering. Sedangkan 20 persen lainya mengaku kekurangan staff penjualan (sales). 

"Dua hal yang paling banyak dibutuhkan adalah keahlian bidang penjualan dan enginering, disusul keahlian managemen yang berada di posisi 11 persen," tulis Hays dalam laporan yang dipublikasikan ChanelNewsAsia, Senin(5/3/2012).

Sementara itu, keterampilan akutansi dan keuangan tidak terlalu populer di Singapura. Dari total pengusaha yang disurvey, hanya 15 persen yang mengaku kesulitan merekrut staff dengan dua keahlian tersebut.

"Sejumlah pengusaha mengaku mempertimbangkan untuk merekrut para ahli dari luar negeri," tulis Hays. 

Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan beberapa keahlian membuat dunia bisnis di Singapura membutuhkan upaya kebijakan yang ideal dari pemerintah. Kelonggaran tersebut untuk menutup minusnya jumlah tenaga kerja yang ada. 

"Pemerintah harus menemukan cara untuk menjembatani kesenjangan keterampilan, ini menjadi sangat penting dalam bulan hingga satu tahun mendatang,"tutup laporan tersebut.