Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 110 Warga Binaan Rutan Batam yang Masuk DPT Pemilu 2019
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 21-02-2019 | 16:04 WIB
sosialisasi-pemilu-rutan1.jpg Honda-Batam
Sosialisasi tahapan pemilu 2019 di Rutan Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terhitung dari total 1055 orang warga Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam. Hingga kini, baru 110 orang warga binaan yang telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 2019.

Aji, Staf Pelayanan Rutan Kelas II A Batam yang terletak di Jalan Trans Barelang, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung mengatakan, hingga kini yang sudah terdatar DPT di Rutan, ada sebanyak 110 orang, itu di DPT terakhir.

"Jumlah data DPT tersebut hanya sementara, nantinya akan bertambah lagi, sebab proses perekamanan KTP-el masih berlangsung," ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk tahanan yang ada di Rutan, total yang sudah merekam KTP sejauh ini dengan Nomor Induk KTP (NIK) asal Batam, ada 338 orang. Sedangkan NIK tahanan yang berasal dari luar Batam ada 169 orang.

"Sedangkan sebanyak 198 orang tahanan tidak di temukan datanya, alias belum memiliki data," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Misalnya, polisi menangkap pelaku kriminal yang tidak memiliki KTP-el. Lalu tahanan tersebut diserahkan ke Rutan tanpa memilki dokumentasi lengkap, inilah yang menjadi kendala kita, sehingga kami akan melakukan pengecekan ulang lebih lanjut," tutupnya.

Editor: Yudha