Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran

Peta Laut Elekronik Terbaru di Selat Malaka dan Selat Singapura Segera Dipublikasikan
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-02-2019 | 14:28 WIB
mss-enc1.jpg Honda-Batam
Malacca Singapore Straits - Electronic Navigational Chart (MSS-ENC) Steering Committee Meeting yang berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bali - Guna meningkatkan jaminan keselamatan pelayaran, pada tahun 2019 ini Peta Laut Elektronik Selat malaka dan Selat Singapura (Malacca Singapore Strait - Electronic Navigational Charts/MSS-ENC) akan dipublikasikan.

Hal tersebut merupakan pokok bahasan dalam Malacca Singapore Straits - Electronic Navigational Chart (MSS-ENC) Steering Committee Meeting yang berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali, Selasa (19/2/2019) yang diikuti Indonesia, Singapura, Malaysia dan Jepang.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. selaku Chief Hydrographer Indonesia, Malaysia oleh Chief Hydrographer, National Hydrographic Centre, Rear Admiral Hanafiah, Singapura, deputy hydrographer, MPA of Singapore, Mr Jammie chen, serta Jepang dipimpin Director Japan Hydrographic Association, Mr. Shigeru Kato.

Pada kegiatan MSS-ENC Steering Committee Meeting yang Ke-12 ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah, dimana Indonesia menjabat sebagai koordinator dan administrator MSS-ENC menggantikan Singapura. Hal ini sebagai salah satu bentuk penghargaan tidak hanya dari negara - negara di kawasan Selat Malaka dan Singapura, namun juga dunia Internasional atas kemampuan dan dedikasi Indonesia untuk mendukung keselamatan bernavigasi di kawasan Selat Malaka dan Singapura.

Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, dukungan Indonesia tersebut berupa data Hidrografi dalam bentuk ENC yang terpercaya dan terintegrasi antar negara pembuat ENC di kawasan Selat Malaka dan Singapura, yang merupakan salah satu jalur pelayaran terpadat di dunia.

Pada pertemuan kali ini dibahas mengenai rencana pembaruan MSS ENC (ENC Update Workshop) dari data hasil survei hidrografi dan oseanografi bersama yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018. Kegiatan pembaruan MSS ENC ini, akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Jakarta dimana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah.

"Kegiatan ENC Update workshop ini meliputi quality control/quality assurance data hasil survei hidrografi dan oseanografi serta validasi ENC sesuai dengan standar IHO S-58. Diharapkan pada Tahun 2019 ini MSS ENC Edisi baru akan di publikasikan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Selat Malaka dan Selat Singapura," pungkas Kapushidrosal.

Editor: Yudha