PKP

Tiga Juta Lebih Surat Suara Telah Tiba di Kantor KPU Batam
Oleh : Hendra
Kamis | 14-02-2019 | 09:40 WIB
surat-suara-batam.jpg honda-batam
Komisioner KPU Batam saat menerima surat suara dari pihak ekspedisi di Sekupang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 3.326.473 lembar surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019, sudah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam yang berlokasi di Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, Rabu (13/2/2019).

Ketua KPU Kota Batam, Syahrul Huda mengatakan, total 3.326.473 surat suara yang terdapat di dalam 4.997 box itu telah sampai di halaman kantor KPU pada pukul 12.00 WIB siang.

"Jumlah surat suaranya sesuai dengan manifes data pada 4.977 box, dengan total 3.326.473 surat suara yang terdapat di dalam box tersebut," ujarnya, di sela kegiatan pembongkaran.

Syahrul Huda juga melanjutkan, total dari semua jumlah tersebut telah termasuk dengan surat suara Pemilu ulang yang hari ini datang bersama empat kontainer.

Untuk selanjutnya, dia mengatakan, pihak KPU bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pihak kepolisian akan melakukan cek ulang, mendata kembali apakah total yang diterima jumlah fisiknya sesuai dengan manifest secara tertulis.

Hal lainnya, Huda mengatakan, jika data pada manifest tersebut tidak sesuai dengan bukti fisiknya (jumlah yang diterima), maka KPU akan membuatkan berita acara pernyataan bahwa fisik dan data manifestnya berbeda.

Di mana berita acara tersebut akan ditandatangani secara bersama oleh KPU, Bawaslu, kepolisian dan tim ekspedisi pengiriman.

"Harus jelaskan. Jadi harus kita pastikan dulu jumlah yang datang ini sesuai dengan manifest. Jika tidak sesuai, maka akan kita buatkan berita acara," pungkasnya.

Editor: Gokli