PKP

Musim Kemarau, Belasan Hektar Lahan Kosong di Teluk Buton Natuna Terbakar
Oleh : Kalit
Kamis | 14-02-2019 | 09:28 WIB
api-lahan-natuna.jpg honda-batam
Warga Teluk Buton, Kabupaten Natuna saat menyaksikan aksi pemadaman api di lahan kosong pada Rabu (13/2/2019). (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Lahan kosong di Teluk Buton, Kabupaten Natuna terbakar pada Rabu (13/2/2019) sore. Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai belasan Hektar.

Kobaran api berhasil dipadamkan setelah satu unit Damkar bersama 14 personil diterjunkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena memang lahan tersebut masih kosong.

Kadis Pemadamam Kebakaran Penangulangan Bencana, Kabupaten Natuna, Syawal melalui Elkadar menyampaikan, terbakarnya lahan cukup luas hampir mencakup belasan Hektar.

Lanjut Elkadar, pihaknya masih menyelidiki penyebabnya. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dengan sembarangan.

"Banyak masyarakat buka lahan dengan cara main bakar tampa mengawasi langsung api. Hal ini telah melanggar ketentuan dan bisa dipidanakan oleh pihak berwajib nantinya," ucap Elkadar.

Dijelaskannya, rentang jarak ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) cukup jauh dari pusat kota Ranai. Hal ini juga menjadi salah satu kendala bagi pihak Dankar memberikan bantuan.

"Untuk ke lokasi TKP memerlukan waktu satu jam tiga puluh menit, ke depanya diperlukan pihak UPT (Unit Pelaksana Teknis) mengatasi permasalahan darurat seperti pemadamam dan tanggap darurat di setiap kantor kecamatan," ucapnya.

Elkadar berharap instansi pemerintahan dari RT hingga kecamatan untuk bisa memberikan imbauan kepada warga tidak membakar lahan secara sembarangan.

Editor: Gokli