PKP

Listrik di Anambas Sering Padam, PLN Berdalih Akibat Gangguan Alam
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 13-02-2019 | 13:52 WIB
listrik-padam11.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kecamatan Siantan mengaku tak nyaman akan seringnya pemadaman listrik. Pasalnya, periode Januari hingga Februari 2019 pemadaman listrik di Wilayah Siantan sudah tak terhitung lagi.

Selain itu, masyarakat juga khawatir barang-barang elektronik cepat rusak akibat pemadaman listrik yang tak menentu.

"Komputer dan peralatan lainnya sudah rusak karena sering listrik padam. Sementara tidak ada persiapan untuk mematikan barang elektronik ketika listrik padam. Kami harap, kedepannya pelayanan PLN bisa ditingkatkan lagi. Agar tak ada barang elektronik lain yang rusak," kata Hafiz, salah satu warga Tarempa, Kecamatan Siantan, Rabu (13/1/2019).

Sementara, Kepala Rayon PLN Anambas, Jaswir menerangkan bahwa padamnya listrik yang terjadi beberapa terakhir diakibatkan gangguan alam, bukan karena disengaja. Menurutnya tegangan tinggi di Anambas khususnya di Siantan sangat sensitif terhadap gangguan alam.

"Padamnya listrik beberapa hari terakhir disebabkan gangguan alam, bukan karena disengaja. Apalagi jaringan listrik sangat sensitif akan gangguan alam seperti adanya ranting pohon yang menimpa jaringan, dan ada juga disebabkan pohon tumbang," terangnya.

Jaswir mengakui, apabila untuk perawatan jaringan listrik, pihaknya menyampaikan laporan kepada Pemda, Kepolisian dan pemberitahuan kepada masyarakat. "Kalau untuk pemeliharaan jaringan biasanya dilakukan pada hari libur, bukan hari kerja," jelasnya.

Jaswir menjelaskan, saat ini mesin pembangkit listrik sudah mengalami kerusakan, namun tak mengganggu konsumsi listrik masyarakat Kecamatan Siantan. "Ada satu mesin yang rusak dan sudah ditangani tim teknis, tapi kondisinya tidak begitu urgens," tegasnya.

Editor: Yudha