Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awal 2019, 6 Warga Lingga Terserang DBD
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 01-02-2019 | 11:28 WIB
dbd-ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga mencatat ada 6 warga Lingga yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama awal tahun 2019 ini. Selain itu, 5 di antaranya malaria.

"Dari tanggal 1 sampai 31 Januari 2019, terhitung ada 5 kasus malaria dan 6 kasus DBD. Ini kita dapatkan dari masing-masing Puskesmas setempat," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dineks-PPKB Lingga, Maliana, Jumat (1/2/2019).

Untuk kasus DBD, paling banyak menyerah warga di wilayah Desa Sungai, Kecamatan Lingga Timur. Selebihnya merata yakni 1 warga di Desa Nerekeh, Kampung Bugis, Desa Berindat dan Kelurahan Dabo.

Sementara penderita malaria, tiga di antaranya mengidap malaria Plasmodium falciparum (Pf) sedangkan dua lagi Plasmodium vivax (Pv). "Plasmodium falciparum ini adalah penyebab malaria paling umum dan menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian yang diakibatkan oleh malaria," terangnya.

Meski demikian, pihak Dinkes, kata Maliana terus berupaya untuk menekan angka kasus DBD di Lingga. Namun hal tersebut juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat, karena tanpa adanya bantuan masyarakat, bagaimana upaya yang dilakukan tidak akan berjalan maksimal.

Ia berharap masyarakat Lingga dapat membudidayakan prilaku hidup sehat. Selain itu, selalu memastikan tidak ada air tergenang yang dapat menimbulkan jentik nyamuk atau bisa mengatasinya dengan 3 M Plus.

Editor: Gokli