Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siap-siap, Nyanyikan 'Indonesia Raya' Sebelum Nonton Bioskop
Oleh : Redaksi
Kamis | 31-01-2019 | 19:52 WIB
nonton-bioskop.jpg Honda-Batam
Surat himbauan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (foto: Ist/plus.kapanlagi.com).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebuah surat himbauan baru saja dirilis Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Pemerintah menyarankan bioskop memulai pertunjukan film dengan menyanyikan Indonesia Raya.

Dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, ini memberi instruksi kepada para pengelola bisnis bioskop seluruh Indonesia.

Menurut pertimbangan Imam, perlu adanya upaya peningkatan rasa nasionalisme di generasi muda. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya pertunjukan.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya pemutaran film," demikian bunyi surat imbauan ini.

Surat yang disahkan pada Rabu 30 Januari ini, merupakan himbauan bukan instruksi atau perintah. Bioskop bisa mempraktekkan atau tidak mengindahkan anjuran Menpora Imam Nahrawi. Namun langkah ini tidak berlebihan, pasalnya beberapa negara telah melakukan kebijakan ini.

Contohnya adalah India dan Thailand, bahkan di negara Gajah Putih ini lagu nasional dikumandangkan setiap jam 8 pagi dan 6 petang.

Namun kini pemerintah India telah mencabut perintah wajib menyanyikan lagu kebangsaan di bioskop per Januari 2019. Kini tiap bioskop di India memiliki pilihan antara memutarkan lagu nasional mereka atau tidak.

Sumber: plus.kapanlagi.com
Editor: Chandra