Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Duren Ternyata Berkasiat Tingkatkan Libido dan Gairah Seks, bukan Kolestorel
Oleh : Redaksi
Minggu | 27-01-2019 | 12:04 WIB
duren1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi duren

BATAMTODAY.COM, Bogor - Lagi musim duren atau durian, rasanya kurang afdol kalau tidak ikutan memakan dagingnya yang manis dan lezat. Tapi, ada kekhawatiran durian bisa membuat kadar kolesterol meningkat.

Padahal, menurut Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB), durian adalah buah 'surga' karena rasanya yang lezat. Selain itu, durian adalah sumber energi yang baik, mengandung vitamin C dan tentunya serat.

"Selama ini, durian memang selalu dipersepsikan sebagai penyebab berbagai penyakit, terutama hipertensi, kolesterol, dan sebagainya," ujarnya.

"Ini membuat banyak orang takut makan durian. Durian ya sama seperti makanan lain, bergizi, baik, dan bermanfaat untuk kesehatan. Yang sudah diketahui secara umum bahwa durian ini mempunyai sifat afrodisiak yang bisa membangkitkan gairah, menambah semangat dan menaikkan keharmonisan suami istri," tambahnya.

Masih kata Prof Ahmad, bukan berarti kita tidak boleh makan durian sama sekali namun yang terpenting adalah makan tidak secara berlebihan. Kalau untuk masalah kolesterol, justru tidak perlu dikhawatirkan karena durian... tidak mengandung kolesterol sama sekali!

"Kalau kita khawatir, 'aduh takut kolesterol tinggi', saya pastikan durian tidak mengandung kolesterol karena dia bahan nabati, kolesterol hanya ada pada hewani. Kalaupun ada justru itu fitosterol yang malah baik mencegah atau mengurangi kolesterol," tandasnya.

Sumber: Detikcom

Editor: Surya