Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 9 Makanan Olahan Terburuk bagi Pengidap Diabetes
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 25-01-2019 | 17:04 WIB
nugget-ayam1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pengidap diabetes kerap 'terpenjara' urusan makan. Salah makan sedikit saja, bisa berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi jika yang dikonsumsi adalah makanan-makanan olahan yang melalui seragam proses sebelum akhirnya tersaji.

Makanan olahan adalah makanan yang telah melewati proses tertentu, seperti pemanasan, pengeringan, pengalengan, pengemasan, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam makanan olahan biasanya akan merugikan kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi.

Berikut mengutip Everyday Health, beberapa makanan olahan terburuk bagi pengidap diabetes.

1. Nugget ayam
Nugget ayam mengandung lebih banyak garam, lemak, dan pengawet. Hal itu akan sangat berbahaya bagi pengidap diabetes. Campura gula dekstrosa yang ada di dalam nugget menyebabkan seseorang mengalami hiperglikemi, terutama pada pengidap diabetes.

2. Kentang goreng dan keripik kentang
Jumlah kalori yang terdapat dalam kentang goreng tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita diabetes. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggantinya dengan memanggang kentang tanpa minyak.

Keripik kentang sendiri mengandung kalori, garam, dan pengawet tanpa memberikan Anda banyak nutrisi atau serat yang dibutuhkan. Anda bisa menyiasatinya dengan beralih dari camilan kentang ke buah-buahan.

3. Buah kaleng
Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran memang mampu mengatasi diabetes. Namun, tidak dengan mengonsumsi produk buah kalengan.

Buah dalam kaleng telah banyak dicampurkan dengan sirup gula. Anda bisa saja memilah buahnya untuk mengurangi kandungan sirup dan gula di dalamnya. Namun, akan lebih baik jika Anda memakan buah utuh yang masih segar.

4. Soda
Sering mengonsumsi banyak soda yang mengandung tinggi gula hanya akan memperburuk diabetes. Jika Anda sangat menyukai soda, Anda bisa menggantinya dengan air soda yang bercampur lemon atau jeruk nipis sebagai perasa.

5. Makanan dengan tambahan gula
Gula tambahan adalah bahan umum yang sering digunakan di makanan kemasan seperti kue dan camilan. American Heart Association merekomendasikan pembatasan jumlah gula tambahan yang Anda konsumsi setiap hari menjadi tidak lebih dari 6 sendok teh atau 25 gram untuk wanita dan 9 sendok teh atau 36 gram untuk pria.

7. Daging olahan
Meski tak mengandung gula, daging olahan cenderung mengandung lebih tinggi lemak, pengawet, dan garam. Daging olahan ini bisa berupa sosis, smoked beef, dan masih banyak lagi.

8. Burger
Sebuah studi pada Februari 2010 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa wanita Afrika-Amerika yang memakan burger di restoran dua kali atau lebih dalam seminggu jauh lebih mungkin untuk terserang diabetes daripada mereka yang tidak. Jika Anda makan di luar, pilihlah sandwich ayam panggang kecil dengan sayuran sebagai gantinya.

9. Sereal manis
Banyak sereal yang mengandung gula tambahan dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Namun, Anda bisa mencari sereal yang menyediakan 5 gram atau lebih serat dan mengandung kurang dari 7 gram gula per sajian. Hal ini dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha