Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi DBD, Dinkes Karimun Bagikan Abate ke Warga
Oleh : Freddy
Senin | 21-01-2019 | 10:04 WIB
bagi-abate.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi menunjukkan cara penggunaan bubuk abate. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Kesehatan Karimun melakukan pembagian Abate ke warga untuk mewaspadai serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang sekarang ini sudah mulai menjangkiti warga.

Selain melakukan pemberian Abate secara gratis, penyemprotan fogging juga dilakukan di pemukiman warga guna menangkal penyakit demam berdarah dengue.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi mengatakan, sekarang ini sudah ada beberapa warga masyarakat yang terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan jumlahnya keseluruhan yang terdata sudah ada 23 orang.

Menurutnya, kondisi ini harus secepatnya diantisipasi agar penyakit demam berdarah dengue tidak lebih meluas lagi.

Belum lama ini, Dinas Kesehatan bekerjasama Puskesmas Meral, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Karimun dan didukung Lurah, Babinsa serta masyarakat melakukan abatesasi massal dan fogging dan penyuluhan DBD di Perumahan TMK Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral.

"Di komplek Perumahan TMK ini saja sudah ada 3 kasus DBD dan ini perlu secepatnya ditangani agar tidak semakin meluas penyakit DBD menyerang warga di sini," ujar Rahmadi.

Dijelaskan Rahmadi, pemberantasan penyakit demam berdarah dengue harus dilakukan secara terintegrasi dan saya sudah sampaikan ke Pak Bupati untuk secepatnya dapat dikoordinasikan.

Rahmadi mengingatkan, agar masyarakat harus berperan aktif melalui program 3M (Menguras, Menutup, Mengubur). Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama dalam penanganan kasus demam berdarah dengue, meskipun Dinas Kesehatan sudah melakukan fogging dan abatesasi tetapi itu tidak akan efektif jika masyarakat sendiri tidak melaksanakan 3M dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Dijelaskanya dengan menjaga sanitasi lingkungan dan tempat tinggal tetap bersih dan sehat, ini yang lebih penting dan kunci dalam pengendalian penyakit demam berdarah. Sementara beberapa warga masyarakat di Karimun sangat menyambut baik apa yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun dengan membagikan abate dan melakukan fogging ke pemukiman masyarakat.

Editor: Gokli