PKP

Tahun Ini, Dinkes Anambas Prioritaskan Pembangunan 5 Unit Puskesmas
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 14-01-2019 | 16:40 WIB
kadinkes-anambas1.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan PPKB Anambas, Heriyanto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pembangunan lima (5) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi program prioritas Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) tahun 2019.

Kepala Dinas Kesehatan PPKB Anambas, Heriyanto mengakui, pembangunan 5 puskesmas tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi.

"Tahun (2019) ini kita fokus pembangunan 5 unit puskesmas yang terdiri dari Puskesmas Jemaja, Siantan Tengah, Siantan Selatan, Siantan Timur dan Palmatak. Ini merupakan program dari DAK Afirmasi," kata Heriyanto, Senin (14/1/2019).

Herianto menguraikan, alokasi pembangunan 1 unit puskesmas mencapai Rp 8,5 miliar yang tergabung dari sarana dan prasarana Puskesmas.

"Lahan sudah ada yang berasal dari hibah masyarakat dengan luas 600 meter. Untuk pembangunan terdiri dari sarana dan prasarana (alat kesehatan). Untuk totalnya alokasi pembangunan 5 Puskesmas mencapai Rp 42,5 miliar," akunya.

Heriyanto mengakui, pada tahun 2017 lalu pihaknya telah menyelesaikan pembangunan Puskesmas Jemaja Timur.

"Untuk Puskesmas Jemaja Timur sudah beroperasi sejak tahun 2018 lalu. Puskesmas Jemaja Timur itu dibangun pada tahun 2017 lalu yang berasal dari DAK Afirmasi," terangnya.

Editor: Yudha