PKP

Lanal Batam Dikabarkan akan Limpahkan Puluhan Ribu Handphone Ilegal ke Kejari Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 14-01-2019 | 11:16 WIB
truk-lanal-kejari-batam.jpg honda-batam
Truk Lanal Batam di halaman parkir Kejari Batam. (Foto: Putra Gema Pamungkas)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan ribu handphone tangkapan Lanal Batam dikabarkan akan diserahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, pagi ini, Senin (14/1/2019).

Dari informasi yang beredar, pihak Lanal Batam akan langsung menyerahkan puluhan ribu handphone tangkapan dari dua kasus yang berbeda di bulan Oktober 2018.

Perkara yang pertama adalah kasus tangkapan 2.358 Handphone berbagai merek, Minggu (7/10/2018). Ribuan Handphone ini berhasil di amankan Tim Tim F1QR Lanal Batam dari speed boat di perairan pulau Dengis, Sagulung, Batam. Dalam penanganan kasus ini, sampai dengan saat ini tidak ada seorangpun yang ditetapkan menjadi tersangka oleh Lanal Batam.

Perkara yang kedua adalah kasus tangkapan 20.000 Handphone berbagai merek, Selasa (16/10/2018) lalu. Puluhan ribu Handphone ilegal ini berhasil di amankan dari kapal KLM Berkat Saudara Jaya 99 GT di perairan selat singapura. Dalam penanganan kasus ini, Lanal Batam tetapkan 19 tersangka yang diketahui sebagai ABK Kapal.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Kejari Batam, tampak dua truk Lanal Batam terparkir di halaman Kejaksaan Negeri Batam, pagi ini. Dua truk bertuliskan TNI-AL ini dikawal oleh belasan orang dari Lanal Batam. Kedua truk ini pun terlihat ditutupi dengan terpal sehingga barang bawaan didalamnya tidak dapat terlihat.

Ketika BATAMTODAY.COM mencoba mengkonfirmasi kepada salah seorang anggota Lanal Batam, ia mengaku tidak tahu menahu barang bawaan apa yang akan diserahkan kepada Kejari Batam.

"Kami tidak tau apa isinya, kami hanya mengawal barang bukti ini dan mengantarkannya ke Kejaksaan saja. Ini sesuai dengan perintah atasan," ungkap salah seorang pengemudi truk sembari menghidupkan kembali mesin truk tersebut, Senin (14/1/2018).

Hal senada juga di ungkapkan oleh pihak Polisi Militer Lanal Batam di Halaman Kejari Batam. "Kurang tau mas, langsung tanya ke atasan saja," ujarnya sambil menjauhi pewarta.

Sampai dengan berita ini diterbitkan, pihak Kejari Batam belum berhasil dikonfirmasi terkait pastinya pelimpahan apa yang akan di lakukan oleh Lanal Batam kepada Kejari Batam.

Editor: Dardani