Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiang Telkom Dibangun di Tengah Jalan, Warga Kavling Mandiri Sagulung Berang
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 11-01-2019 | 13:28 WIB
tiang-telkom1.jpg Honda-Batam
Tiang telkom yang dibangun di tengah jalan perumahan warga. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ada-ada saja, entah apa yang menjadi pertimbangan pihak Telkom sehingga mendirikan tiang persis di pintu masuk rumah wargaKavling Sagulung Mandiri RT03/RW10 kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung.

Masyarakat pun mengaku heran karena pihak Telkom tak pernah koordinasi dengan pemasangan tiang tersebut sebelumnya. Akibatnya mobil mereka tidak bisa masuk ke dalam komplek tersebut.

"Kita pun jadi bingung, kok di tengah jalan dipasang tiang telkomnya," ujar seorang warga setempat.

Zulkifli Hasibuan, ketua RW10 Kavling Sagulung Mandiri mengatakan, bahwa pemasangan tiang Telkom ini sudah hampir 3 atau sampai 4 bulan. Bahkan saat pemasangan tiang ini pihak pekerjanya tak ada koordinasi dengan perangkat RT dan RW setempat.

"Kalo tak salah sudah ada 3 atau 4 bulan tiang Telkom ini dipasang. Kita pun gak tahu kapan dipasang soalnya tak ada koordinasi sama kita," kesal Zulkifli, Kamis (10/01/2018) pagi kemarin.

Zulkifli juga mengatakan, bukan hanya pemasangan tiang ini saja yang terkesan carut-marut. Di dekat RT/03 dan RT/02, tiang juga terkesan di pasang asal-asalan.

"Yang kesalnya lagi, sudah tahu itu jalan, tapi kenapa masih dipasang lagi. Bukan hanya di jalan ini yang dipasang kayak gitu. Di tempat lain juga ada hal yang sama," ujarnya.

Dengan adanya pemasangan tiang Telkom yang tidak memperhatikan fungsional lingkungan sekitar ini, membuat akses jalan mobil milik warga menuju komplek perumahan mereka tak bisa lagi berjalan lancar. Bahkan banyak warga yang sudah kesal melihat tiang itu.

"Banyak warga saya yang komplain gara-gara tiang ini. Mereka juga jadi malas masuk dari jalan, karena tak bisa masuk mobil," ujarnya lagi.

Karena sudah sangat menggangu akses jalan masyarakat sekitar, Zulkifli berharap dan meminta instansi terkait untuk segera memindahkan tiang Telkom tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah, Camat Sagulung, Reza Khadafi saat dikonformasi oleh pewarta mengatakan, terkait pemasangan tiang listrik sampai saat ini belum ada koordinasi dengan pihak setempat maupun pihak Kecamatan.

Bahkan kata dia, seharusnya pihak pemasang tiang listrik harus bisa mengukur antara jalan dan perumahan warga. Jangan asal-asal memasang tanpa memperhatikan lokasi.

"Jadi, sudah sangat jelas ini menggangu kenyamanan warga. Kita pun sudah melaporkan kepihak terkait segera ditindak lanjuti. Kita juga sudah turun ke lokasi untuk mengecek yang sebenarnya," paparnya singkat.

Editor: Yudha