Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemendagri Siapkan Tim Tim Pusat dan Daerah Dukung Pendataan Korban Tsunami Selat Sunda
Oleh : Irawan
Rabu | 26-12-2018 | 08:16 WIB
mendagri_tjahjo16.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) merespon cepat dampak musibah Tsunami Selat Sunda yang melanda daerah pesisir pantai Provinsi Banten dan Lampung.


"Dukcapil, Kemendagri telah menyiapkan Tim yang melibatkan personil Pusat dan Daerah di KotavSerang dan Kabupaten Pandeglang untuk mendukung pengungkapan Identitas korban meninggal maupun luka-luka," kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (24/12/2018).

Tugas pokok dari Tim Dukcapil Pusat yang utama mengamankan jaringan dan akses biometrik untuk kepentingan identifikasi para korban di lapangan.

"Saat ini Dinas Dukcapil Serang maupun Pandeglang telah siaga di kantor dan sebagian sudah ada di lapangan," ungkapnya.

Di samping itu, Tim Dukcapil Kemendagri membantu pengungkapan Identitas korban. Serta tim juga akan menangani masalah penerbitan dokumen kependudukan yang hilang akibat bencana sebagai layanan dasar administrasi kependudukan bagi masyarakat yang terpimpa musibah.

Mendagri mengatakan, secara gotong-royong operasi ini dibantu Kepala Dinas Dukcapil Pandeglang dan Serang beserta Tim Teknis yang ada di Daerah.

"Posko Kemendagri dan pemerintah daerah setempat juga memberikan bantuan berupa makanan kue kering, mie instan, telor, susu kental, dan bahan pokok lainnya sebagai kebutuhan pokok masyarakat yang tertimpa musibah saat ini," tutup Tjahjo.

Editor: Surya