Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Asia

Iran dan Irak, Jepang dan Korea Lolos ke Perempat Final
Oleh : Tunggul Naibaho
Kamis | 20-01-2011 | 06:54 WIB

Batam, batamtoday - Iran menjadi juara Grup D setelah menundukan Uni Emirat Arab dengan skor 2-0, dan Irak harus puasa berada di runner up hasil kemenanganya melawan Korea 1-0, rabu 19 Januari 2011.

Kedua negara bertetangga ini lolos ke perempat final Piala Asia.

Di perempat final Iran akan berhadapan dengan Korea Selatan. Sedangkan Irak bertemu Australia.

Bermain di stadion Doha, Qatar, Iran baru berhasil menciptakan gol pada babak kedua. Gol Iran diciptakan Arash Afhsin di menit ke-70. Dan Mohammad Nori di menit ke-83.

Namun, sayang, kemenangan Iran harus diwarnai kartu merah untuk

masing-masing tim. Wasit Kim Dong-Jin (Korea Selatan) mengusir Afshin di menit ke-75, dan empat kemudian wasit mengkartumerahkan  bek Uni Emirat Arab, Laskhari Khalid.

Iran maju ke perempat final tanpa pernah kalah, dan  mengantongi nilai sempurna 9 poin.

Irak sendiri harus berjibaku terlebih dalam sebuah pertandingan hidup mati di Stadion Ahmed Bin Ali, Rabu, 19 Januari 2011.
menghadapi kesebelasan Korea Utara yang juga berpeluang maju ke perempat final.

Korut sejak menit awal sempat melakukan tekanan ke gawang Irak. Namun demikian semua usaha anak Jo Tong Sop selalu kandas.

Chollinma-julukan timnas Korut,-- justru kebobolan pada menit ke-22. Berawal tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Ri Myong Guk. Dan bola muntah dimanfaatkan Muhamed Karrar Jassim yang lepas dari kawalan pemain belakang Korut.

Korut sempat mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-30. Namun, sontekan Jong Tae-Se hanya melebar ke sisi kanan gawang. Skor 1-0 akhirnya bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, kedua tim saling menekan, namun beberapa peluang yang di dapat kedua tim sama-sama gagal berbuah gol.Hingga pertandingan usai, skor tetap bertahan 1-0 untuk kemenangan Irak.

Korea-Jepang

Dua raksasa sepakbola Asia Korea dan Jepang juga sama-sam memastikan diri lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan lawan-lawanya dalam pertandingan penyisihan babak terkahir.

Jepang menjadi juara Grup B setelah melumat kesebelasan Arab Saudi tanpa balas 5-0. Dalam grup ini kesebelasan Yordania menyertai Jepang ke babak berikutnya setelah menempati posisi kedua di dalam Grup B.

Striker Shinji Okazaki menjadi bintang kemenangan Jepang di pertandingan ini. Pemain yang membela VfB Stuttgart  di Bundesliga Jerman ini mencetak hattrick. Dua gol lainya dicetak Ryoichi Maeda pada ke 10 dan menit ke 51.

Dominasi Jepang terhadap Arab Saudi sudah tampak sejak babak pertama. Bahkan tim Samurai Biru sudah unggul 3-0 pada menit ke 25 babak pertama.

Korea sendiri maju ke perempat final setelah mengalahkan India  4-1. Meski Korea Selatan meang cukup telak, namun di Grup C posisinya hanyalah ruuner-upa karena kalah selisih gol dengan juara Grfup Australia.

Ji Dong-Won membuka sukses Korea lewat gol yang dicetaknya saat pertandingan baru berjalan enam menit. Tiga menit kemudian Koo Ja-Cheol menggandakan sukses dua kali juara Piala Asia ini.

Sunil Chhetri sempat membuka harapan bagi India ketika memperkecil ketinggalan menit ke-12 melalui tendangan penalti. Namun, Ji Dong-Won kembali menjauhkan keunggulan Korea lewat gol keduanya ke gawang India pada menit  ke-23. Son Heung-Min menutup sukses Korea Selatan lewat gol menit ke-81.

Adapun 4 kesebelasan lainya yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu  ke perempat final adalah Australia, Jordania, Qatar, dan Uzbekistan..