Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Penampakan Jembatan Putus di Jalur Padang-Bukittinggi
Oleh : Redaksi
Selasa | 11-12-2018 | 11:28 WIB
jembatan-di-kayu-tanam-padang-pariaman.jpg Honda-Batam
Kondisi terkini jembatan di Kayu Tanam, Padang Pariaman yang putus. Jembatan ini terletak di jalur utama Padang-Bukittinggi. (Foto: Dok BPBD)

 

BATAMTODAY.COM, Padang - Jalur utama Kota Padang menuju Bukittinggi, Sumatra Barat putus sejak Senin (10/12/2018) petang. Hal ini disebabkan ambruknya jembatan yang terletak di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam, Padang Pariaman.

 

Akibatnya, kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua tak bisa melintasi jalur utama ini. Jembatan yang putus memang terlihat parah. Badan jembatan terlihat amblas di kedua sisi dan sama sekali tak bisa dilalui.

Pengendara yang hendak menuju Kota Bukittinggi dari Kota Padang, Sumatra Barat dialihkan melalui tiga jalur alternatif, pascaputusnya jalur utama Padang-Padang Panjang akibat jembatan roboh.

Kasat Lantas Polres Padang Pariaman, Iptu Yuliandi, menyebutkan bahwa pengendara dari arah Kota Bukittinggi bisa menuju Kota Padang melalui Solok. Jalur ini dianggap paling aman meski waktu tempuhnya lebih panjang. Sedangkan untuk pengendara dari Kota Padang menuju Bukittinggi, polisi telah menyiagakan anggotanya di tiga titik pengalihan arus lalu lintas.

Titik pertama pengalihan arus berada di simpang 3 Sicincin. Pengendara yang menuju Bukittinggi via Padang Panjang diminta belok ke kiri melalui Malalak, Agam. Meski begitu untuk jalur Malalak ini, polisi tidak menyarankan untuk dilalui saat hujan deras melanda. Alasannya, jalur Malalak yang berbukit dan jalurnya berada di lereng tebing dianggap rawan longsor.

Titik pengalihan ketiga berada di simpang Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Khusus di lokasi ini, truk-truk dan kendaran berat lainnya yang menuju Bukittinggi diminta berbelok menuju Sitinjau Lauik untuk selanjutkan melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi via Solok. Yuliandai memastikan polisi akan bekerja maksimal agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalur Padang-Bukittinggi dan sebaliknya, khususnya di jalur alternatif.

"Arus lalin (lalu lintas) sudah lancar, tidak ada kemacetan setelah pengalihan arus. Tapi tetap untuk jalur utama di jembatan putus tidak bisa dilalui baik kendaraan roda dua dan roda empat," katanya.

Sumber: Republika
Editor: Dardani