Tertimbun Longsor, Empat Warga Pacitan Ditemukan Meninggal
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-12-2018 | 16:04 WIB
longsor-pacitan-antara1.jpg honda-batam
Petugas menggunakan alat berat untuk menyingkirkan material longsor di jalur lintas selatan (JLS) Pacitan, Pacitan, Jawa Timur, 30 November 2017. (ANTARA FOTO)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Empat warga yang tertimbun material longsor di salah satu rumah wilayah Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ditemukan tewas, Sabtu (8/12/2018).

Tiga dari empat jenazah, yakni Sogirah, 46 tahun, Bogiyem, 72 tahun, dan Katminem, 58 tahun disemayamkan di masjid dekat lokasi. Korban dikebumiman di tempat pemakaman umum desa setempat.

Sedangkan satu korban lainnya, yakni Misgiman, 62 tahun, dibawa ke rumah duka di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung. Keempat korban diketahui masih berhubungan keluarga. Sogirah yang merupakan istri Misgiman merupakan anak dari Bogiyem. Sebelum kejadian, Sogirah bersama suaminya berkunjung ke rumah orang tuanya bersama Katminem, saudaranya.

"Tiga korban perempuan ditemukan berkumpul di kamar," kata Panji Sukarno, salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan SAR Trenggalek, dan TNI Angkatan Darat melakukan evakuasi dengan cara manual. Proses pencarian dimulai dari depan rumah. Setelah petugas mengeruk material longsor dengan jarak sekitar 2-3 meter dari pintu depan, keberadaan korban diketahui. Adapun ketebalan tanah dari tebing di belakang rumah yang amblas sekitar 6 meter.

Sekitar pukul 0815, tiga korban perempuan ditemukan. Menurut Panji, posisi dua jenazah di antaranya diketahui sedang bergendongan. “Satu korban diketahui sudah lumpuh. Mungkin digendong saat hendak menyelamatkan diri," ujar dia.

Sementara, satu korban lain, Misgiman, ditemukan di ruang tamu rumah. Jenazahnya diketahui setelah petugas gabungan melakukan evakuasi dengan menggunakan satu unit alat berat. Sebab, kata Panji, posisinya berada pada jarak sekitar 5 meter dari pintu rumah. "Jenazah keempat ditemukan sekitar pukul 10.15," kata Panji.

Bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di Pacitan merupakan dampak dari hujan deras yang terjadi sejak Jumat sore hingga Sabtu dini hari. Sejumlah permukiman di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Pacitan sempat terencam banjir.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati, mengatakan wilayah lain yang terdampak bencana wilayah Kecamatan Kebonagung di antaranya Desa Kebonagung, Klesem, dan Purwoasri.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Pacitan, banjir sempat menggenangi sebagian rumah warga di Desa Banjarejo, Kayen, Sukoharjo, dan Sirnoboyo. Sejumlah warga telah dievakuasi ke tempat lebih aman dengan menggunakan perahu karet.

"Prioritas penanganan adalah warga yang rentan yaitu balita dan manula (manusia lanjut usia)," ujar Dianita.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha