Kopassus Bebaskan Sandra Kapal Tangker di Selat Malaka
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 08-12-2018 | 09:04 WIB
kopasus1.jpg honda-batam
Anggota Sat-81/Gultor Kopasus TNI AD saat melakukan pembebasan sandra kapal tanker di Perairan Selat Malaka. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satuan 81 Penanggulangan Teror (Gultor) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD melakukan latihan pembebasan sandra kapal tangker di Perairan Selat Malaka, Kepulauan Riau.

Satuan 81 atau dulunya lebih dikenal sebagai Sat-81/Gultor adalah satuan di Kopassus yang setingkat dengan Grup dan merupakan prajurit terbaik dari seluruh prajurit TNI yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

Dalam latihan ini, Sat-81/Gultor Kopasus TNI AD menurunkan satu tim yang terdiri dari delapan orang untuk menjalankan sekenario penyelamatan sandra kapal tangker di wilayah perairan Selat Malaka, Kepulauan Riau.

Komandan Satuan 81 Gultor Kopasus TNI AD, Kolonel Inf Yudha Airlangga, mengatakan, dilaksanakannya latihan pembebasan sandra kapal di perairan Batam ini karena tingginya tingkat kerawanan pembajakan maupun perompakan kapal di perairan Batam, Kepulauan Riau.

"Latihan ini sengaja kami laksanakan pada bulan Desember, di mana cuaca sangat tidak bersahabat menjadi tantangan untuk kami," kata Airlangga di Kawasan Industrial Kabil, Sabtu (8/12/2018).

Sekenario latihan penyelamatan sandra kapal tangker yang di laksanakan pada Pukul 04.15 WIB, Sat-81/Gultor Kopassus TNI AD menggunakan teknik menekan menuju ke sasaran kapal menggunakan dua rubber boat dalam waktu yang sangat singkat.

"Dalam sekenario ini, kami ditekankan untuk cepat sampai di Batam di mana situasi di daerah ini terdapat banyak keterbatasan," lanjutnya.

Airlangga mengatakan, latihan ini bertujuan untuk dapat memelihara dan meningkatkan bagaimana Sat-81/Gultor Kopasus TNI AD menyelesaikan masalah-masalah di laut, terutama untuk mengenal cuaca di laut, medan dan bagaimana pihaknya mengenali karakteristik kapal di sekitar wilayah Perairan Batam.

"Harapan ke depan agar kami dapat bisa berlatih di sini kembali dan banyak lebih mengenal terutama aspek cuaca yang berbeda dengan tempat di mana kami berada (Jakarta)," tutupnya.

Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, mengucapkan terima kasih kepada Kopassus, khususnya pasukan Satuan 81 Gultor, yang telah memilih Batam sebagai tempat latihan karena Batam memiliki wilayah yang strategis.

"Tentunya akan sangat bermanfaat bagi wilayah Batam. Dengan adanya Kopassus berlatih maka secara tidak langsung akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sekitar Batam," ujarnya.

Editor: Gokli