Tender Pengelolaan Waduk Tembesi Akan Diumumkan Secara Terbuka
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 05-12-2018 | 12:17 WIB
deputi-eko15.jpg honda-batam
Deputi IV Bidang Sarana dan Prasarana BP Batam, Mayjen Eko Budi Soepriyanto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, menjadwalkan akan segera mengumunkan jadwal Pra Kualifikasi Tender Pengelolaan Waduk Tembesi secara terbuka. Namun, pihaknya juga kembali mengingatkan agar para peserta tender harus menyerahkan sejumlah dokumen untuk seleksi administrasi yang akan dilakukan oleh BP Batam.

"Pengumuman akan kita laksanakan minggu ini rencananya, dengan target Januari mendatang kita sudah dapat hasil dari pemenang tender," ujar Deputi IV Bidang Sarana dan Prasarana BP Batam, Mayjen Eko Budi Soepriyanto, Rabu (4/12/2018).

Eko menambahkan, dari para peserta yang mengikuti tender pengelolapan Waduk Tembesi ini, rata-rata membentuk konsorsium. Selain itu, para peserta juga harus memiliki catatan keuangan yang positif selama beberapa tahun. Selain pengalaman di bidang kontruksi, keuangan, management dan lainnya.

"Banyak uang tapi tak ada pengalaman, kan repot. Sama juga, ada pengalaman tapi tak ada uang, repot," lanjutnya.

Untuk penilaian sendiri tidak hanya dilakukan BP Batam, tetapi juga melibarkan perwakilan dan pengawas daru Kementerian Keuangan. Diharapkan proses tersebut dapat berjalan dengan lancar, sehingga proyek dapat segera dilaksanakan pada Februari 2019.

Untuk peserta tender sendiri, saat ini lebih kurang ada 33 investor yang tertarik bekerjasama dalam pengelolaan Waduk Tembesi. Seperti PT Adhya Tirta Batam (ATB), PT Pembangunan Perumahan, Wijaya Karya, Waskita. Ada juga perusahaan dari luar negeri seperti dari Singapura, Jepang, Filipina dan lainnya.

Adapun taksiran nilai investasi yang akan dipekerjakan, mencapai Rp250 miliar hingga Rp300 miliar. Nantinya pemenang tender akan melakukan paling tidak enam pekerjaan di sana. Di antaranya, perbaikan instalasi dari waduk atau dam, pemasangan pipa dari waduk menuju tempat WTP. Kegiatan di WTP sendiri, dari WTP ke reservoir, sampai ke kegiatan memasukkan air ke rumah-rumah warga.

Editor: Yudha