Rapat Koordinasi Data dan Informasi Geospasial

Kebijakan Satu Peta Bantu Permasalahan Tumpang Tindih Lahan di Batam
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 04-12-2018 | 13:28 WIB
rakor-lahan-bp1.jpg honda-batam
Deputi II BP Batam, saat menyampaikan sambutan dalam rapat koordinasi data dan informasi geospasial. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Rapat Koordinasi Data dan Informasi Geospasial yang diadakan di Harris Hotel Batam Center, Senin (3/12/2018).

Deputi II Bidang Perencanaan dan Pengembangan BP Batam, Yusmar Anggadinata, menjelaskan adanya pelaksanaan kegiatan ini sendiri sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta 1:50000.

"Mewakili Kepala BP Batam, saya sambut baik tindak lanjut kerjasama BP Batam dengan BIG. Adanya pelaksanaan ini sendiri sesuai dengan perjanjian kerjasama, yang sudah kami lakukan Agustus 2018 lalu tentang Transformasi Data Spasial Dasar di Dalam Sistem Frekuensi Geospasial Nasional. Dan Penyelenggaraan Informasi Geospasial, serta Pembangunan Simpul Informasi Jaringan Nasional di Bidang Kerja BP Batam," ujarnya.

Pihaknya juga berharap dengan hadirnya Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof Hassanudin Z Abidin memberikan dampak positif bagi para petugas IT Center BP Batam, dalam kuliah umum yang diberikan oleh Kepala BIG mengenai kebijakan satu peta yang akan dilaunching dalam waktu dekat.

Angga menambahkan, kebijakan satu peta oleh pemerintah pusat dapat membantu permasalahan yang kerap terjadi di Kota Batam dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

"Dengan adanya kebijakan ini, kita harapkan dapat membantu penyelesaian permasalahan mengenai lahan. Dimana di Batam kita kerap mendengarkan adanya polemik mengenai tumpang tindih lahan," lanjutnya.

Pihaknya mengakui saat ini BP Batam, juga telah melakukan berbagai macam persiapan dalam penetapan kebijakan satu peta tersebut. Dimana saat ini pihak BP Batam telah meluncurkan aplikasi Web GIS dan juga GIS yang bisa di download melalui android.

Editor: Yudha