Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru di Lingga Butuh Bimbingan Menulis Karya Ilmiah
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 03-12-2018 | 19:40 WIB
junaidi-adjam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Junaidi Adjam. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Di Kabupaten Lingga, banyak guru status ASN yang mentok pada golongan IVa. Pasalnya, untuk naik golongan ke IVb, seorang guru harus membuat karya ilmiah.

Diakui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Junaidi Adjam, belum satu pun guru di Lingga yang bisa menulis karya ilmiah. Sehingga, pihaknya mendorong dengan mewacanakan adanya bimbingan teknis dan pelatihan.

Selain pembuatan karya ilmiah, Junaidi juga menyampaikan, bimbingan teknis dan pelatihan itu juga akan dilakukan bagi guru yang sudah layak menjabat Kepala Sekolah.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga mendorong para guru di Lingga untuk bisa menulis karya ilmiah. Tulisan kaya ilmiah merupakan salah satu syarat naik jabatan.

"Sejauh ini memang tidak seorang pun guru yang bisa naik jabatan dari IVa ke IVb, karena tidak bisa menulis karya ilmiah. Kita akan dorong terus Sehingga ke depan banyak guru yang naik golongan menjadi IVb. Salah satunya dengan membuat pelatihan," ungkap Junaidi, Senin (3/2/2018).

Junaidi mengatakan selain persoalan di atas, masih ada persoalan lain yang dihadapi tenaga kependidikan di Lingga yakni dari 1.600 guru di Kabupaten Lingga hanya 586 guru saja yang sudah mengantongi sertifikasi. Sementara sebanyak 1.014 guru belum mengantongi sertifikasi.

"Hal ini menjadi salah satu kendala yang harus kami atasi. Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait baik di tingkat provinsi maupun pusat agar guru-guru kita yang mengajar di daerah terpencil kembali mendapatkan insetif ini," tutupnya.

Editor: Gokli