PKP

Limbah B3 Cemari Laut, Pemuda Pancasila Nongsa Demo PT Ecogreen Kabil
Oleh : Hadli
Jum\'at | 30-11-2018 | 16:40 WIB
pp-nongsa1.jpg honda-batam
Anggota Pemuida Pancasila Kecamatan Nongsa demo ke PT Ecogreen Kabil. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Nongsa demo ke PT Ecogreen Oleochemicals Kabil, Batam terkait dugaan pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

"Kami mendesak DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Batam untuk memperoses dugaan pencemaran pembuangan limbah jenis B3 yang dilakukan perusahaan ke laut," kata Tom, Pengurus PP Bidang Limbah kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (30/11/2018).

Dia mengatakan, pada Minggu (25/11/2018) lalu pihaknya menemukan dugaan pembungan limbah B3 sisa produksi perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak mentah berbahan baku sawit di perusahaan internasional bermukim di Batamitu.

"Penyelusuran kami, menemukan pembuangan limbah B3 dari pipa yang mengalir langsung ke drainse. Drainase itu langsung mengalir ke laut. Tentunya temuan ini telah mencemari ekosistem laut," ujar dia.

Ia mengatakan, menindaklajuti temuan tersebut, pada Selasa (27/11/2018) pihaknya telah memasukkan surat laporan ke DLH Kota Batam. Namun hingga kini pihaknya belum mendapat laporan investigasi dari DLH.

"Dari pihak Polsek Nongsa juga sudah menangani. Versi dari Polsek Nongsa ada kebocoran pipa dan mengalir ke drainase. Tapi kenapa dilakukan pembiaran. Untuk itu kami tuntut untuk segera diproses," ujarnya.

Editor: Yudha