Galeri Darurat Bukit Kepong Johor Jadi Tujuan Wisata Sejarah
Oleh : Harjo
Rabu | 28-11-2018 | 14:30 WIB
dpd-asita-kepri1.jpg honda-batam
Galeri Darurat Bukit Kepong Johor. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Johor - Sejarah kantor polisi Bukit Kepong di bawah polisi daerah Panhcor Johor Bahru Malaysia, menjadi salah satu tujuan wisata sejarah. Kantor tersebut sempat luluh lantak setelah diserang oleh tentara komunis dan banyak anggota polisi yang jadi korban.

Namun walau pun sempat rata dengan tanah pada tahun 1950, pada saat ini dibangun kembali oleh negara dengan konstruksi bangunan masih dari kayu.

Hingga pada saat ini, kambali berdiri kokoh bangunan berbahan beton. Namun pungsinya, menjadi museum sejarah peristiwa ganasnya serangan komunis saat itu.

Dimana mulai dari lantai dasar hinga lantai tiga berisi galeri yang disusun dengan begitu rapi dan dilengkapi dengan photo dan bukti sejarah perjuangan para polisi warga setempat yang ikut mempertahankan institusi polisi saat itu.

Saat ini, dengan menjadinya museum yang diberi nama galeri darurat Bukit Kepong, ada lima anggota polisi yang mrnjaga dan melayani para wisatawan saat berkunjung ke museum tersebut.

Kepada wartawan BATAMTODAY.COM yang turut berkunjung bersama 15 agen travel Batam, Hazizi salah seorang pimpinan polisi yang bertugas menjaga museum sejarah tersebut menuturkan, museum tersebut dibangun untuk mengingatkan sejarah pahit atas keganasan komunis terhadap institusi kepolisian.

Museum dilengkapi dengan berbagai benda bersejarah, sepertisenjata yang pernah dipakai oleh komunis dan juga polisi saat itu. Sejumlah photo serta senjata termasuk alat-alat perlengkapan yang menjadi saksi sejarah, semuanya ada di dalam museum tersebut.

"Melalui photo dan alat yang saat ini terkumpul, dan bisa dilihat langsung oleh wisatawan tidak terlepas dari saksi sejarah dan keluarga pelaku sejarah yang selamat dari aksi ganasnya serangan komunis saat itu," ujar Hazizi.

Dengan tersusun dengan rapi dan melalui penjelasan pihak kepolisian yang bertugas di museum tersebut, jelas menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah terkait kantor polisi di Bukit Kepong Johor.

Apalagi, pada saat ini pihak pemerintahan Johor bersama pengelola pariwisata terus mengalakkan dunia pariwisata melalui berbagai bentuk, sebagai tujuan bagi para penikmat pariwisata alam, sejarah, kuliner dan lainnya.

Editor: Yudha