Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pernah Ditangkap Sebelumnya

Pelaku Pembacokan di Car Wash Langkisau Bengkong Diduga Alami Gangguan Jiwa
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 28-11-2018 | 12:40 WIB
pembacokan-bengkong1.jpg Honda-Batam
Pelaku pembacokan di Car Wash Langkisau Bengkong (baju hitam) saat diamankan polisi. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Zizi Aldi Zeri (35), pelaku pembacokan karyawan Car Wash Langkisau Bengkong Indah, Alpian Zebua, ternyata juga pernah diamankan Polsek Bengkong dengan kasus yang sama.

Namun hasil pemeriksaan dan tes kejiwaan yang dilakukan, diketahui bahwa ia mengalami gangguan jiwa berat. Sehingga, proses selanjutnya ia diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa di Padang, Sumatera Barat.

Kanit Reskrim Polsek Bengkong, Iptu Ikhtiar Nazara, mengatakan, kejadian pertama, pelaku menyerang seorang pria bernama Mansur (46), di kawasan Bengkong Swadebi, Rabu (7/3/2018) lalu.

Sama dengan kejadian saat ini, pelaku tanpa sebab langsung menyerang korban yang merupakan sales makanan dan kebetulan lewat di lokasi.

"Pelaku pernah kita amankan sebelumnya. Namun ia divonis mengalami gangguan jiwa berat sehingga penanganannya diserahkan ke rumah sakit jiwa," ujar Nazara, Rabu (28/11/2018).

Namun entah mengapa, Aldi kembali lagi ke Batam dan menyerang warga tanpa sebab. "Kita belum tahu pasti apakah pengobatan di rumah sakit sudah selesai atau belum. Kemudian ia kembali lagi ke Batam dan menyerang orang lain," tambah Nazara.

Dilanjutkan, penangkapan yang dilakukan, berawal dari keterangan saksi tentang ciri-ciri pelaku. Kemudian dilakukan penyelidikan terkait keberadaannya.

Alhasil, pihaknya bersama Opsnal Satreskrim Polresta Barelang dan Polsek Batuampar mendapatkan lokasi pelaku di Tanjungsengkuang.

"Pelaku memang memiliki keluarga di Batam. Namun setelah kembali ke Batam, ia tidak tinggal bersama keluarga lagi. Begitu mendapatkan lokasi tempat tinggalnya, kita langsung datang dan membekuknya," lanjut Nazara.

Untuk proses selanjutnya, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap pelaku. "Prosesnya tetap akan kita jalani, termasuk pemeriksaan kejiwaannya. Nanti hasilnya akan kami informasikan," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang pria bernama Alpian Zebua terpaksa harus mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK). Ia, menjadi korban pembacokan seorang pria tidak dikenal.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut sekitar pukul 16.15 WIB di warung kelapa muda kawasan Car Wash Langkisau Bengkong Indah, Selasa (27/11/2018).

Hanya membutuhkan waktu 7 jam, pembacokan yang dialami Alpian Zebua berhasil diungkap. Satu orang pria yang diduga pelaku turut diamankan di Tanjungsengkuang.

Kejadian itu sendiri, terjadi sekitar pukul 16.15 WIB di warung kelapa muda kawasan Car Wash Langkisau Bengkong Indah, Selasa (27/11/2018). Malamnya sekitar 23.45 WIB, pelaku yang bernama Zizi Aldi Zeri (35), berhasil diamankan.

Editor: Yudha