Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Bakal Tanam 10 Ribu Pohon Gaharu di Kawasan Dam Tembesi
Oleh : Nando Sirait
Senin | 26-11-2018 | 15:32 WIB
10-gaharu.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Budi Santoso (kemeja putih) saat memberikan keterangan pers terkait penanaman 10 ribu pohon Gaharu di Kawasan Dam Tembesi. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, menargetkan penanaman 10 ribu pohon jenis Gaharu di Kawasan Dam Tembesi Batam.

Kegiatan ini sendiri juga menggandeng Komunitas Go-Green Indonesia dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Direktur Pomosi dan Humas BP Batam, Budi Santoso menjelaskan kegiatan menanam pohon itu akan dilaksanakan secara bertahap. "Kenapa kita pilih Dam Tembesi, karena nantinya lokasi ini merupakan lokasi Dam terbesar kedua setelah Dam Duriangkang. Lagipula kita tahu sendiri bahwa kami dari BP Batam, sedang melakukan pengembangan di kawasan tersebut agar terlihat lebih asri," kata dia, Senin (26/11/2018) siang di Media Center BP Batam.

Budi juga menambahkan, untuk kegiatan penghijauan di Kawasan Dam Tembesi memang merupakan salah satu konsen dari pimpinan BP Batam. Di mana Dam Tembesi ditargetkan memiliki kapasitas produksi sebesar 600 liter per detik.

"Kenapa pohon Gaharu, karena tumbuhan ini termasuk salah satu pohon terbaik untuk menyimpan air. Pohon gaharu juga punya nilai ekonomis tinggi, dan bisa digunakan untuk obat," lanjutnya.

Selain itu, menurutnya program penanaman pohon ini sangat perlu dilakukan di Kawasan Dam Tembesi, mengingat kawasan ini merupakan kawasan yang sangat jarang sekali untuk dilakukan program penghijauan.

"Kita ingin menjaga kelestarian waduk sebagai daerah tangkapan air. Kalau tidak dijaga, usia waduk ini bisa semakin pendek," ungkapnya.

Editor: Gokli