Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tilang Elektronik Berlaku, Patung Polisi Tak Perlu Lagi Ada di Jalan Raya
Oleh : Redaksi
Minggu | 25-11-2018 | 13:04 WIB
patung_polisi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi patung polisi di Jalan Raya (Foto: Ist)

BATAMTODAY,.COM, Jakarta - Wakapolri Komjen Ari Dono ikut meluncurkan aplikasi tilang elektronik di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dia berharap sistem itu meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga tak perlu lagi banyak polisi maupun patung polisi di jalan raya.

"Harapannya adalah ke depan bahwa masyarakat kita kesadaran yang memang awalnya dipaksa karena diawasi akan tumbuh dengan sendirinya, akan tercipta di Jakarta ini nantinya akan tertib dengan sendirinya, tidak perlu lagi ada polisi di jalan, akan berkurang polisi, nggak perlu lagi dipasang patung polisi, karena yang ada di benak masyarakat kita sudah ada mata di mana-mana," kata Wakapolri di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018).

Dia mengatakan saat ini baru 2 ruas jalan yang dipasang CCTV untuk tilang elektronik di Jakarta. Rencananya ruas jalan lainnya juga akan diterapkan sistem tersebut.

"Kalau Jakarta baru 2 jalan, jalan Medan Merdeka dan Thamrin saja, nanti tentunya tadi Pak Anies (Anies Baswedan) sudah bisik-bisik mudah-mudahan segera dipasang semua, lebih cepat lebih baik," ujarnya.

Ari mengatakan sistem tilang elektronik ini juga ditargetkan terpasang di seluruh wilayah di Indonesia. Namun itu juga tergantung pada anggaran yang ada.

"Jadi data seluruh Indonesia kebutuhan yang ada, sudah ada. Hanya tentu ini tidak terlepas dari anggaran untuk bisa seluruh Indonesia memasang aplikasi ini. Ya kita nanti kita lihat tahun anggaran, nanti tahun depan kita ajukan lagi, sekarang bertahap," ucapnya.

Tahun depan ditargetkan 80 cctv terpasang di 40 titik di ruas jalan Jakarta. Dia berharap tak ada lagi pelanggaran lalu lintas jika itu sudah terwujud.

"Kalau terget tidak ada lagi yang melanggar. (Target 2019) 81 cctv di 40 titik," pungkasnya.

Editor: Surya