Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim JKN Faskes Tingkat Lanjut se-Kota Batam Ikuti Sosialisasi PRB-MTM
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-11-2018 | 09:28 WIB
sos-prb-mtm.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana sosialisasi PRB-MTM dengan FKTL yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi PRB MTM
kepada seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) yang telah bekerjasama pada
Rabu (21/11/2018) di Hotel Sahid, Batam Center. Kegiatan ini diikuti oleh Tim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan PIC PRB MTM FKTL yang berjumlah sekitar 75 orang.

Menurut Retri Flori, selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan
Cabang Batam, PRB MTM atau Program Rujuk Balik berbasis Medication Therapy Management merupakan Program Rujuk Balik melalui optimalisasi tenaga farmasi, kolaborasi antar profesi, pemantauan kepatuhan dan outcome pengobatan secara komprehensif.

"PRB MTM ini salah satunya adalah untuk pengelolaan pasien PRB yang lebih komprehensif dengan mengoptimalkan peran berbagai pihak yaitu FKTP, FKTL dan apotek PRB," kata Retri.

Retri mengatakan, berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk
untuk mengimbau kepada setiap PIC di FKTL untuk dapat mengedukasi peserta yang kondisinya stabil dan masih memerlukan pengobatan agar dapat dikembalikan ke FKTP dan selanjutnya dapat melakukan pengambilan obat di apotek PRB.

Hal tersebut dilakukan mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan dari dilaksanakannya alur tersebut. "PIC harus mengedukasi peserta untuk yang kondisinya stabil jika obatnya bisa diambil di apotik program rujuk balik," katanya.

Jika PIC di setiap FKTL tidak menjalankan prosedur ini, Retri mengatakan, PRB MTM ini tidak akan berjalan efektif karena peserta akan tetap antri ke FKTL setiap bulan dan tidak dapat dikembalikan ke FKTP walaupun sudah dalam kondisi stabil. "Begitu juga apabila pelayanan di FKTP tidak memuaskan, peserta pasti akan kembali minta dirujuk ke FKTL," ungkap Retri.

Dokter Ibnu PIC PRB MTM Rumah Sakit Harapan Bunda mengatakan, bahwa memang selama
ini pasien PRB masih banyak yang melakukan kontrol ke FKTL. "Tiap minggu pasti ada pasien PRB yang datang ke rumah sakit," ujarnya.

Harapannya dengan program ini, semua pihak merasakan manfaatnya. "Peran FKTP lebih
optimal, pelayanan di FKTL lebih fokus ke pelayanan spesialistik yang berujung pada antrian di FKTL yang berkurang, serta peserta yang lebih mudah untuk mendapatkan obat dalam program rujuk balik," ungkapnya.

Editor: Gokli