Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Postingan di Medsos Bisa Jadi Tanda Depresi
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-11-2018 | 11:52 WIB
media-sosial1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi media sosial. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Para peneliti di Texas State University menganalisis perilaku 500 mahasiswa pengguna Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat. Mereka percaya ada hubungan antara media sosial (medsos) dengan masalah kesehatan mental.

Berbagai platform medsos bisa memperburuk depresi dan menimbulkan gelisah. Studi ini menemukan cara dan kebiasaan orang menggunakan medsos bisa memberi tanda mereka terkena depresi. Berikut tanda-tandanya, dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (20/11/2018).

Pertama, mereka menggunakan medsos untuk membandingkan diri dengan orang lain yang lebih baik. Kedua, mereka teratur mengunggah foto atau status medsos, bahkan intensitasnya terlalu banyak.

Ketiga, mereka merasa terganggu jika ditandai foto mereka dalam pose yang kurang menarik. Itulah mengapa mereka jarang mengunggah foto diri bersama orang lain. Keempat, mereka lebih banyak memosting foto sendiri dan cenderung mengisolasi diri dari orang lain.

Studi yang belum dipublikasikan resmi ini bersumber dari Pertemuan Tahunan Asosiasi Ilmu Psikologi di San Francisco Amerika. Penulis studi juga mahasiswa di Texas State University, Anthony Robinson.

"Kami ingin orang-orang lebih memperhatikan perilakunya di medsos. Mungkin saja mereka mengalami gejala depresi," tulis Robinson.

Sumber: Republika
Editor: Dardani