Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Datangi Mapolda Kepri

Puluhan Anggota FPI Pertanyakan Kelanjutan Kasus Jaksa
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 16-02-2012 | 16:02 WIB

BATAM, batamtoday - Pengurus Front Pembela Islam (FPI) Kepri mendatangi Mapolda Kepulauan Riau untuk mempertanyakan kelanjutan kasus dugaan suap Jaksa Juprizal cs. 

"Kita hanya mempertanyakan sudah sampai dimana kelanjutan prosesnya kasus ini kepada pak Direktur Reskrimsus," ujar Hajarullah Aswad, Ketua FPI Kepri, Kamis (16/2/2012). 

Katanya dalam pertemuan itu, Kombes Pol Achmad Yudisuwarso mengatakan belum dapat menyimpulkan kasus ini mengarah pada tindak penyuapan atau pemerasan karena proses penyidikan dan penyelidikan masih dilakukan anggotanya. 

"Apa lagi katanya untuk menentukan tersangka. Karena katanya masih dalam pemeriksaan saksi-saksi," ujarnya menjelaskan hasil pertemuan tersebut. 

Lebih jauh dikatakan Hajarullah melalui pengakuan Achmad Yudisuwarso, dalam kasus Jaksa ini mengaku dirinya tidak ada tekanan terlebih lagi diintervensi oleh orang lain. 

"Selain saksi Ali Akbar dan Suratno, Direktur Reskrimsus juga mengatakan telah melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi dari Kejaksaan Negeri Batam yang terlibat dalam kasus ini," terangnya. 

Dalam hal ini, kataya, FPI tdak akan ikut campur tangan dalam penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan polisi. Sepenuhnya meyerahkan kasus ini di tanggani oleh pihak kepolisian hingga di pengadilan. 

"Meski demikian tetap akan kita kawal proses penyidikan dan penyelidikan yang sedang ditanggani polisi hingga sampai proses di pengadilan," paparnya.

Sementara itu, kuasa hukum Ali Akbar, Akbar Al-Banjari menyampaikan pihaknya masih mengikuti pemeriiksaan yang dijalani kliennya itu hingga putusan pengadilan. Terkait anjuran penyidik untuk melaporkan balik Jaksa  atas pemerasan, masih dipikirkan langkah-langkahnya. 

"Kita ikuti aja dulu proses ini, kalau yang ini belum jelas kenapa kita harus buat yang lain. Nantinya bila kasus ini ada kejanggalan maka baru akan kita tentukan arah kita selanjutnya," terangnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono tidak menampik kedatangan puluhan anggota FPI ke ruangan Direskrimsus Polda Kepri. Katanya kedatangan FPI mempertanyakan perkembangan kasus Jaksa. 

"Iya, anggota FPI hanya mempertanyakan perkembangan kasus ini. Sejauh ini proses penyidikan dan penyelidikannya masih berlanjut dan sebatas pemeriksaan saksi-saksi. Sehngga belum dapat disimpullkan apalagi menentukan tersangka," kata Hartono.