Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jenis Penyakit Tak Menular Tinggi di Kepri
Oleh : Redaksi
Senin | 19-11-2018 | 09:40 WIB
dinkes-tjep.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudayana. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Provinsi Kepri mencatat bahwa penyakit yang rentan dan banyak diderita masyarakat Kepri adalah jenis penyakit tidak menular.

Dilansir situs resmi Pemprov Kepri, jenis penyakit yang tidak menular ini seperti diabetes, darah tinggi, jantung, stroke, gagal ginjal hingga kanker. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudayana di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

"Kepri cukup tinggi untuk penyakit dalam kategori tidak menular seperti itu," ujar Tjetjep.

Menurut Tjetjep, tingginya angka pasien dan penderita penyakit tersebut menjadikan kategori penyakit tersebut paling tinggi di Provinsi Kepri.

"Semuanya penyakit yang timbul karena kurangnya pola hidup sehat masyarakat, baik itu karena makan makanan maupun kebiasaannya," tegas Tjetjep.

Ditambahkan lagi, sekarang dengan adanya kemudahan melalui BPJS Kesehatan ini, semua penyakit tersebut dapat tertangani. "Sehingga kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat agak lebih berkurang," ungkap Tjetjep.

Untuk itu, lanjut Tjetjep, Pemerintah Provinsi Kepri mengharapkan agar masyarakat Kepri lebih bisa menjaga pola hidup sehat baik itu makan makanan yang bergizi, berolahraga dan lainnya.

"Sehingga mampu menurunkan resiko dan ancaman berbagai penyakit tersebut," tambah Tjetjep.

Editor: Gokli