Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Pengelolaan Arsip, BP Batam Gelar Pelatihan Bersama ANRI
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 16-11-2018 | 12:40 WIB
pelatihan-arsip-bp1.jpg Honda-Batam
In House Training Pengelolaan Arsip Dinamis di Gedung IT Center BP Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyelenggarakan pelatihan pengelolaan arsip yang bertujuan untuk menata seluruh arsip seluruh unit kerja.

Arsip merupakan aset penting sebagai bahan akuntabilitas dan alat bukti atau historis yang sah, bagi keberlangsungan sebuah organisasi. Oleh karena itu Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan In House Training Pengelolaan Arsip Dinamis pada Selasa (13/11/2018) pagi di Gedung IT Center BP Batam.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Diklat Arsip Nasonal Republik Indonesia, Listyaningtyas bahwa tujuan In House Training ini dilaksanakan adalah agar pengelola arsip di BP Batam ini dapat mengelola arsip sesuai dengan aturan-aturan kearsipan.

"Karena tupoksi BP Batam yang bisa dibilang strategis dalam mengelola Pulau Batam, pasti banyak sekali arsip-arsip yang tercipta dari masa ke masa yang harus dikelola dengan baik," ujarnya.

Nantinya, menurut Listya, arsip yang dikelola BP Batam akan menjadi sumbangsih bagi arsip statis kepada bangsa dan negara. Sehingga diharapkan sedari awal, arsip-arsip dinamis di BP Batam dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan.

In House Training ini dilakukan dengan beberapa metode penyampaian, diantaranya ceramah, diskusi, dan praktek bagaimana pengelola arsip dalam melakukan pemberkasan, pemusnahan dan pemindahan arsip.

Desiana Repelita, selaku Kepala Bagian Sekretariat, Arsip dan Perpustakaan mengatakan bahwa sebanyak 65 pegawai dari 22 biro dan direktorat di BP Batam hadir dalam In House Training ini.

"Pengelolaan arsip di BP Batam saat ini kami nilai cukup baik. Namun memang, sebelum melaksanakan In House Training ini, kami telah melakukan monitoring dan hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu dengan dilaksanakannya pelatihan-pelatihan seperti ini, apa yang telah disampaikan oleh pemateri dapat diimplementasikan dengan baik oleh peserta," kata Desi.

Ia juga berharap dengan diadakannya In House Training ini secara berkala maka pengelolaan sistem arsip BP Batam akan semakin baik ke depannya.

Editor: Yudha