Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Habiskan Anggaran Rp21 Miliar

RSUD Tarempa Resmi Beroperasi, Alat dan Tenaga Medis Dilengkapi Bertahap
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 12-11-2018 | 12:28 WIB
rsud-tarempa1.jpg Honda-Batam
Bupati Anambas Abdul Haris meresmikan RSUD Tarempa. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris resmikan operasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Tarempa, Senin (12/11/2018) yang bersempena juga pada Hari Kesehatan Nasional ke-54.

"Pada momen Hari Kesehatan Nasional ini kita ingin pelayanan kesehatan di Anambas bisa meningkat. Sehingga kita meresmikan RSUD ini, dan mulai hari ini RSUD sudah resmi beroperasi," kata Abdul Haris.

Haris mengakui, meski ada keterbatasan alat kesehatan dan tenaga medis, bukan jadi penghambat dalam pengoperasian RSUD. Menurutnya, sarana yang sudah dibangun sejak tahun 2014 lalu harus segera dimanfaatkan.

"Kita jangan menunggu lama, jangan menunggu alat harus lengkap. Kita manfaatkan dulu infrastruktur yang sudah selesai ini. Untuk alat dan tenaga medis akan kita lengkapi secara bertahap," ujarnya.

Haris menambahkan, pihaknya telah melantik dr Rini Gumala sebagai Direktur RSUD, dan melantik sejumlah tenaga medis yang akan memberikan pelayanan di RSUD Tarempa.

"Saat ini yang ada baru dokter umum, dan dokter spesialis anak. Jadi masyarakat tidak khawatir lagi, untuk proses persalinan sudah bisa dilaksanakan di RSUD baik itu normal maupun operasi. Secara perlahan juga kita akan melengkapi dokter agar tidak banyak lagi masyarakat yang dirujuk ke luar daerah dengan pertimbangan rentang kendali Anambas," terangnya.

Haris menyinggung, kehadiran RSUD di Anambas dapat mengurangi angka rujukan dan antisipasi yang cepat. "Itu tujuan kita untuk meresmikan RSUD, apalagi sebentar lagi masuk musim angin utara. Yang menjadi sasaran kita adalah masyarakat yang berada di pulau-pulau," ucapnya.

Haris melanjutkan, RSUD nantinya akan mengelola anggaran sendiri atau dibentuk sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). "Perdanya sedang diproses, agar RSUD menjadi BLUD," ucapnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Anambas, Sahtiar menguraikan pembangunan RSUD Tipe D Tarempa menelan anggaran sekitar Rp21 miliar. "Pada tahun 2014 alokasi pembangunan RSUD sebesar Rp9,9 miliar, dilanjutkan tahun 2017 sekitar Rp4,3 miliar dan tahun 2018 sekitar Rp7,4 miliar," ujarnya.

Editor: Yudha