PKP

BP Batam Wacanakan SMI Corner bagi Pelaku UMKM
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 09-11-2018 | 17:16 WIB
bp-batam3.jpg honda-batam
Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto. ( Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam mewacanakan akan membuat Layanan Sertifikasi Usaha Mikro Kecil Menengah (SMI) Corner bagi para pelaku usaha UMKM di Kota Batam.

BP Batam melihat pentingnya SMI Corner ini, sebagai salah satu upaya bagi para pelaku UKM dalam mendapatkan hak paten dan lisensi bagi hasil kerajinan dan juga produk makanan yang dihasilkan para pelaku UKM

"Nantinya lisensi tersebut juga bisa digunakan sebagai sarana ekspansi produk mereka ke Singapore atau Johor. Dan itu sebagai salah satu upaya kita meningkatkan UMKM di Batam," ujar
Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto, Jumat (09/11/2018).

Ady menambahkan, dengan begitu para pelaku UKM ini sendiri diharapkan dapat menjadi salah satu sektor industri yang akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Batam.

"Kita harapkan dengan adanya hak paten ini, tentu akan menambah nilai jual dari produk para pelaku UMKM. Tentunya mereka akan mulai memperbesar usaha mereka, apabila penjualannya mengalami peningkatan. Ini kan sama saja dengan terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat," lanjutnya.

Untuk segera merealisasikan hal tersebut, Ady mengakui saat ini Kepala BP Batam, Lukita dinarsyah Tuwo telah melakukan koordinasi dengan Badan Sertifikasi Nasional (BSN) Republik Indonesia.

"Dalam waktu dekat, kemungkinan di bulan November ini, Kepala BP Batam akan MOU dengan Badan Sertifikasi Nasional, untuk mengimplementasikan UMKM khususnya di Batam untuk lebih tumbuh dan berkembang," jelasnya.

Editor: Dardani