Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sungai Batang Toru Meluap, Ratusan Rumah di Tapsel Sumut Terendam Banjir
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-11-2018 | 13:53 WIB
banjir1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Medan - Ratusan rumah di Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara kembali terendam banjir akibat Sungai Batangtoru dan Sungai Sangkunur meluap.

"Meluapnya kedua permukaan air sungai diakibatkan tingginya intensitas hujan," kata Kepala Desa Simataniari, Habibullah Harahap yang dihubungi dari Sipirok, Kamis (8/11/2018).

Ia menjelaskan selain rumah warga, air juga merendam puluhan hektare lahan perkebunan dan lahan pertanian masyarakat di Dusun II Muara Pardomuan dan Dusun III Setia Budi Desa Simataniari.

"Memang, sejak malam tadi hujan datang permukaan air mulai naik, masyarakat tetap bertahan karena hal ini sudah biasa dialami. Akan tetapi, siang ini ketinggian air terus bertambah ada yang mencapai kedalaman dua meter," terangnya.

Kondisi yang semakin parah tersebut membuat sebagian warga terpaksa mengungsi mencari lokasi aman.

Bahkan murid sekolah dasar (SD) Negeri Tindoan Laut dan siswa SMP Negeri (2) Angkola Sangkunur juga terpaksa diliburkan, karena sekolah mereka juga terendam.

Masyarakat, sebutnya berharap air cepat surut agar aktivitas warga dapat normal seperti biasa, dan anak-anak sekolah dapat kembali belajar seperti biasa.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Selatan, Ilham Suhadi mengatakan pihaknya telah meluncur ke lokasi banjir.

"Kita sudah monitoring kejadian banjir Angkola Sangkunur melihat sejauh mana dan bagaimana kondisinya. Informasi sejauh ini belum diketahui apakah ada korban jiwa," ujarnya.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha