Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Promosikan Potensi Industri dan Investasi di IIW Jiexpo 2018
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 02-11-2018 | 16:04 WIB
pameran-bp1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Stand pameran BP Batam di IIW Jiexpo, Jakarta. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, mempromosikan potensi Industri dan investasi Kota Batam di Pameran Infrastructure Week Jakarta International Expo (IIW Jiexpo) 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018).

IIW Jiexpo merupakan pameran infrastruktur terbesar di Indonesia yang dilaksanakan mulai dari 31 Oktober hingga 2 November 2018. Kegiatan kali ini terdapat 7 sektor pameran di bidang pengembangan infrastruktur, yaitu Pengembangan Energi (Infra Energy), Perkretaapian (Infra Rail), Kepelabuhan (Infra Port), Pembangunan Wilayah Industri dan Ekonomi Khusus (SEIZ), Pengelolaan Air Bersih dan Air Limbah (Infra Water), Pengamanan dan Pengawasan Infrastruktur Indonesia (Infra Security) dan Manajemen Lalu Lintas (Infra Traffic).

Pameran dan Seminar Indonesia Infrastruktur Week (IIW) dibuka oleh Presiden RI Jokowi dan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Kadin Indonesia
Rosan Roeslani, Ketua Umum Konstruksi Indonesia, Pimpinan Perusahaan yang bergerak di bidang industri dan infrastrukur serta para Duta Besar Negara-negara sahabat.

Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi meminta kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Kementerian PUPR RI agar seluruh tenaga kerja Indonesia wajib memiliki sertifikat karena itu sangat penting untuk menunjang persaingan global dan bersaing dengan sdm (sumber daya manusia) di negara lain.

Khususnya bagi para tenaga-tenaga kerja yang berada di daerah-daerah dan pulau-pulau terpencil di Indonesia. Selain membuka Pameran dan Seminar Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2018 Presiden Jokowi juga melakukan penyerahan simbolis kepada 12 orang dari 10.000 orang tenaga terampil dari berbagai daerah di Indonesia yang memperoleh sertifikat ahli tenaga konstruksi.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan kepada Menteri PUPR RI untuk meningkatkan hingga 10 kali lipat pemberian sertifikat ahli tenaga kerja konstruksi diseluruh pekerja Indonesia.
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono berharap dengan adanya sertifikasi ini seluruh tenaga kerja Indonesia akan semakin terampil dan diharapkan dapat mendongkrak produktivitas dan kinerja pembangunan infrastruktur demi membangun bangsa Indonesia yang maju.

Kasubdit Promosi BP Batam Ferdiana Sumiartony selaku koordinator dalam kegiatan pameran tersebut mengatakan bahwa keikutsertaan BP Batam dalam kegiatan ini adalah untuk mempromosikan berbagai rencana proyek pengembangan infrastruktur pelabuhan yang akan dikembangkan oleh BP Batam dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam dan Kepri serta juga untuk mendukung percepatan infrastruktur Indonesia.

"Untuk kegiatan pameran kali ini juga turut menggandeng perwakilan dari Pelabuhan Laut BP Batam yang merupakan salah satu unit kerja BP Batam dalam mengelola jasa kepelabuhanan diwilayah KPBPB Batam," ujarnya.

Kegiatan Pameran dan Seminar Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2018 akan menghadirkan lebih dari 16.000 pengunjung dan 131 partisipan dari 11 perusahaan BUMN, 72 perusahaan swasta nasional, dan 48 perusahaan internasional yang berasal dari 10 negara dikawasan Asia dan Eropa.

Selain Pameran dilaksanakan kegiatan seminar dan workshop sebanyak 30 kegiatan dari berbagai bidang keilmuan dan teknologi terkait dan kegiatan bilateral meeting yang akan dikuti oleh negara Malaysia, India, Australia, Inggris dan RRC.

Editor: Yudha