Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bareskrim Bentuk Tim Khusus Selidiki Unsur Kelalaian Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-11-2018 | 17:16 WIB
seripihan-lion-air.jpg Honda-Batam
Serpihan bangkai pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh. (Foto: VOA Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang fokus melakukan investigasi teknis jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Sejalan dengan itu, Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri tengah membentuk tim khusus untuk menyelidiki faktor nonteknis guna mengetahui unsur dugaan kelalaian.

"Bareskrim sudah buat tim khusus untuk melakukan penyelidikan yang akan fokus pada non teknis penerbangan dan untuk teknis penerbangan tetap KNKT," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (1/11).

Diketahui dari info yang beredar, pesawat tersebut sudah mengalami kerusakan saat terbang dari Bali menuju Jakarta. Kemudian mendapat izin terbang ke Pangkalpinang.

"Tim melakukan investigasi dari perjalanan pesawat Lion mulai dari Bali sampai dengan Jakarta dan Jakarta ke Pangkal Pinang. Dan tim sudah bekerja untuk melakukan inverstigasi rekam medik pilot, profile dan rekam medik teknisi lapangan dan latar belakang para pihak. Juga menginvestigasi apakah ada dugaan semisal kemungkinan sabotase dari kelompok teror," urai Dedi.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR, Bambang Soesatyo mendukung pidana berat apabila terbukti sejumlah pihak melakukan kelalaian dalam kecelakaan pesawat Lion Air tersebut.

"Kalau nanti yang bersangkutan terbukti meloloskan pesawat yang tidak layak terbang saya minta untuk dipidana berat karena sudah merenggut banyak nyawa," kata Bamsoet, saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Sumber: RMOL
Editor: Dardani