Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Lebih Dekat Peternakan Agromarina BP Batam di Tanjungriau
Oleh : Redaksi
Rabu | 31-10-2018 | 19:52 WIB
peternakan-agromarina.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Siswa/i dari salah satu sekolah saat melakukan kunjungan ke peternakan Agromarina BP Batam di Tanjungriau, Kecamatan Sekupang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu yang jarang orang ketahui. Di Batam ternyata ada peternakan sapi dan kambing, letaknya di Agromarina, Tanjungriau, Kecamatan Sekupang. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota, namun jalan-jalan atau berwisata ke peternakan Agromarina BP Batam tidak akan sia-sia

Jumlah peternak di Agromarina BP Batam cukup banyak. Anda mau sekedar jalan-jalan atau mau membeli sapi atau kambing, banyak pilihan.

Sepintas, gerbang masuk ke lokasi peternakan ini tidak ada bedanya dengan gerbang masuk perumahan pedesaan. Karena lokasinya memang di belakang komplek peternakan Temiang.

Menurut Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa, selain dapat membeli hewan ternak, lokasi tersebut juga untuk wisata edukasi anak sekolah. Di sana bisa berwisata sambil mengenal aneka jenis sapi dan kambing dengan mengambil paket edukasi agrowisata dan berkunjung ke kandang.

Sapi di sini, keren-keren. Ada yang jenisnya limousine dari perancis. Ada Po dan Brahman dari India. Simmental dari Swiss dan ada juga yang lokal sapi Bali tentu dari Bali.

Untuk kambing juga ada jenis PE dari India, Boer dari Afrika Selatan, Saanen dari Swiss, Kambing Kacang asal Indonesia dan sesekali ada Domba Garut.

Menurut Irfan, saat ini ada 27 kandang sapi dan 31 kandang kambing di Agromarina BP Batam. Mulai yang kandangnya masih kayu, bahkan ada juga yang kandangnya baru dari H Beam Baja.

"Para peternak yang ada di sini selain menjual hewan ternak juga menyediakan catering untuk akikah, kambing guling, kurban dan sebagainya. Harganya kompetitif. Katering-katering besar yang balihonya bertebaran di Batam, ya di sini kandangnya," kata Irfan.

Kawasan Agromarina ini berada di bawah pengelolaan Direktorat Pemanfaatan Aset BP Batam.

Menurut Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar, ke depan kawasan ini diharapkan jadi destinasi agrowisata terbesar di Kepri. "Anda yang penasaran bisa langsung mencoba menelusuri lokasi ini dengan tracking di peta google dengan kata kunci 'Kandang Kambing'.

Dan bagi sekolah yang mau melakukan kunjungan edukasi ke sana dapat menghubungi marketing Agromarina BP Batam di nomor 0859-2463-0384," katanya.

Editor: Gokli