Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengurus YKI Cabang Tanjungpinang Dikukuhkan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 30-10-2018 | 16:04 WIB
pengukuhan-yki-tpi1.jpg Honda-Batam
Wagub Kepri Isdianto bersama Ketua V YKI Pusat Hj Penny Ariana Marsetio dan Ketua YKI Kepri Hj Noor Lizah. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Tanjungpinang periode 2018-1023 dikukuhkan Ketua V YKI Pusat Hj Penny Ariana Marsetio di aula RSUP Kepri KM 8 Tanjungpinang, Selasa (30/10/2018).

Pengukuhan pengurus YKI Tanjungpinang ini merupakan pembentukan Pengurus YKI ke 101 di seluruh Indonesia dan yang ke-3 di Kepri setelah sebelumnya terlebih dahulu dikukuhkan YKI cabang Kabupaten Bintan dan Karimun.

Wakil Gubernur Kepri H Isdianto dalam sambutannya mengatakan, bahwa setelah dikukuhkan, YKI tentu tidak akan mampu bekerja sendiri. Namun perlu ada bantuan dari seluruh masyarakat, baik lembaga pemerintaham maupun swasta.

"Kita berharap dengan adanya YKI ini, masalah kanker bisa semakin teratasi. Kalau di pusat sudah ada rumah singgah untuk pengidap kanker. Maka diharapkan di daerah juga kedepannya semakin baik," kata Isdianto.

Wakil Gubernur juga menghimbau agar masyarakat rajin memeriksakan kesehatannya jika ada penyakit ditubuhnya yang mencurigakan dan perlu dilakukan pemeriksaan.

"Periksakan sejak dini penyakit yang bapak dan ibu rasakan, jangan sampai terlambat,"pinta Isdianto.

Ketua bidang V YKI pusat Penny Ariana Marsetio dalam sambutannya berharap para pengurus YKI Tanjungpinang yang baru dikukuhkan bisa menjalankan amanah dengan baik. Yakni memberikan pemahaman masyarakat tentang menjaga hidup bersih dan sehat, dalam rangka menghindari bahaya kanker di Tanjungpinang khususnya dan di Kepri secara umum.

"Penyakit tidak menular ini sudah teramat banyak diderita oleh masyarakat. Mari kita membantu pemerintah dalam upaya menanggulangi bahaya kanker yang sudab menyebar luas di seluruh Indonesia. Inilah tugas pokok YKI yang baru dikukuhkan untuk kepengurusan Tanjungpinang ini," kata Penny Ariana.

Penny juga menjelaskan bahwa YKI sudah memiliki rumah singgah yang berada di pusat. Selanjutnya dia berharap agar nantinya di Tanjungpinang juga memiliki rumah singgah. Sehingga penanganan penderita kanker bisa lebih maksimal.

Sedangkan ketua YKI Kepri Hj Noor Lizah Nurdin Basirun dalam sambutannya mengatakan bahwa visi dan misi YKI sangat jelas, yaitu membantu masyarakat untuk melakukan pencegahan terhadap bahaya kanker.

Apalagi akhir-akhir ini kasus kanker di Indonesia, bahkan di dunia terus bertambah setiap tahunnya. Keberadaan YKI sendiri diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menanggulangi bahaya kanker.

"Selamat bekerja. Melalui YKI ini, adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan pembangunan di Kota Tanjungpinang, yakni melalui bidang kesehatan. Mari kita biasakan masyarakat agar hidup beraih dan sehat," ajak Noor Lizah.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma yang juga hadir dalam kesempatan ini. Selaku pelindung YKI Kota Tanjungpinang dia berharapa YKI Tanjungpinang bersama pemerintah bisa bersinergimelakukan penanggilangan kanker di Tanjungpinang.

Apalagi sejak 2015-2018 tercatat ada 57 penderita kanker di Tanjungpinang. Sebanyak 23 orang berhasil sembuh, 20 orang meninggal dan 14 orang lainnya masih menjalani pengobatan

"Pesan saya agar setiap individu bisa menjaga keaehatan dan melakukan deteksi dini masing-masing. YKI agar terus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder," katanya.

Selaku ketua YKI Tanjungpinang yang baru dikukuhkan, Hj.Juariyah Syahrul berharap YKI Tanjungpinang bisa mngutamakan penanggulangan kanker di Tanjungpinang. Dimulai dari pencegahan, pengobatan dan pemulihan.

"Kanker adalah penyebab kematian terbesar kedua aetelah penyakit jantung. Untuk itu kita harus bersama-sama dalam menanggulangi bahaya kanker ini," singkatnya.

Editor: Yudha