Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam dan Jasa Tirta 1 Kerjasama Bangun Pabrik Air Mineral di Batam
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 30-10-2018 | 15:16 WIB
deputi-eko14.jpg Honda-Batam
Deputi IV BP Batam, Eko Budi Soepriyanto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kunjungan kerja yang dilakukan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu menyisakan sedikit cerita mengenai wacana pembangunan pabrik air mineral yang diinisiasi oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Hal tersebut diakui oleh Deputi IV Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Mayjen TNI Eko Budi Supriyanto saat ditemui di BP Batam, Selasa (30/10/2018) siang.

Eko mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai memperkenalkan air mineral yang merupakan produksi asli dari Batam, saat kunjungan kerja Menteri PUPR Republik Indonesia ke Dam Sei Gong, Kamis (25/10/2018) lalu.

"Ini merupakan hasil kerjasama kami dengan Jasa Tirta I yang juga merupakan BUMN, adanya perjanjian kerjasama ini sendiri sudah dilakukan sejak BP Batam masih di bawah kepemimpinan Bapak Hatanto Reksodiputro," ujarnya.

Eko mengungkapkan sektor ini merupakam bisnis baru dari BP Batam. Hanya saja, sementara ini mereka belum memasarkan secara bebas di Batam, dan masih diprodiksi di Malang.

"Sementara ini produk itu dihasilkan di Malang. Namun tahun 2019, pabrik air minum kemasan yang sebelumnya di Malang, akan dibuat di Batam," paparnya.

Diakuinya, produksi air minum dalam kemasan botol itu akan diproduksi bekerjasama dengan Jasa Tirta I. Sebelumnya, BP Batam dan Tirta I sudah menandatangani MoU di Batam untuk kerjasama pengelolaan air.?

BP Batam sendiri sebelumnya sudah menandatangani MoU dengan ?Perum Jasa Tirta (PJT) I Mei 2017, saat BP Batam masih dipimpin Hatanto. Namun tidak dijelaskan secara spesifik, isi MoU itu, kecuali terkait pengelolaan dan pemanfaatan air di Batam. Direktur Utama Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan sebelumnya juga menyatakan, mereka membuat kesepahaman dengan BP Batam, untuk membantu sharing pengelolaan air untuk masyarakat Batam.

Dari botol air mineral yang diperoleh tertulis dari ASA, diproduksi Jasa Tirta I. Selain itu dalam botol kemasan tersebut, Perum Jasa Tirta I dan didistribusikan oleh Kopkar OB-BP Batam. Dikemasan botol itu, ada juga gambar pegunungan dan ada tulisan dan logo BP Batam, Badan pengusahaan Batam.

Ada juga tulisan Exp 14042020 sebagai waktu ekspire minuman itu. Serta tulisan SNI yang menandakan sudah sesuai standrad nasional Indonesia. Selain bukit, ada juga gambar logo dan tulisan Batam Funtastic.

"Air Mineral dalam kemasan untuk diminum setiap saat. Drinking Water for Daily Drinking Consumption," lanjutnya.

Editor: Yudha