Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekonstruksi Pembunuhan Pasangan Sejenis, Tersangka Jerat Leher Korban dengan Tali
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 30-10-2018 | 13:28 WIB
rekonstruksi-bintim1.jpg Honda-Batam
Rekonstruksi kasus pembunuhan pasangan sejenis di Kampung Kolong Enam Kijang. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polsek Bintan Timur (Bintim) gelar rekontruksi kasus pembunuhan pasangan sejenis di Kampung Kolong Enam Kijang, Kecamatan Bintim, Kabupaten Bintan, Selasa (30/10/2018).

Dalam rekonstruksi itu, tampak tersangka Julianto (24) memperagakan 12 adegan. Di mana pada adegan pertama, tersangka dan korban Kardianus (21) terlibat pertengkaran hebat. Hingga korban lari dari rumah meninggalkan pelaku.

Namun, masuk adegan kedua tersangka berusaha mengejar korban, hingga akhirnya pelaku berhasil membawa korban kembali ke rumah kontrakan. Namun saat itu tampak korban masih terlihat murung, yang membuat tersangka emosi.

"Saya emosi, lalu saya ke belakang rumah ambil tali timba," kata Julianto.

Terlihat di adegan kelima tersangka datang dari rumah dengan membawa seuntas tali. Kemudian dari belakang langsung menjerat leher korban hingga pingsan.

"Dia sempat melawan, tapi kemudian pingsan," sebut Julianto.

Melihat korban pingsan, tersangka kemudian membawa korban ke depan rumah dengan cara menggendong dan meletakkannya dalam posisi telungkup. Di situ terlihat tersangka merekayasa kejadian dengan membuat korban seolah-olah tewas karena gantung diri.

"Setelah saya ikat seperti orang gantung diri, kemudian saya masuk ke rumah," terang Julianto.

Tak lama kemudian, pada edagan ke 10 tersangka berusaha membuka kembali jeratan tali di leher korban. Menurunkan korban dan merubah posisi korban menjadi telentang.

"Saya lihat dia (korban) masih ada, kemudian saya ambil air kasih ke dia," kata Julianto lagi.

Sebelum membangunkan saksi untuk meminta bantuan. Korban melepaskan tali yang ada di plafon rumah, dan langsung dilemparnya ke sudut teras. "Terus saya bangunkan tetangga, saya minta tolong kalau korban mau bunuh diri," sebut Julianto.

Adegan 12 saksi tampak keluar dangan sepeda motor, dan langsung membawa korban ke RSUD Bintan, guna mendapatkan pertolongan medis. "Setelah mengantar korban ke RSUD, saya langsung laporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian," kata saksi.

Sementara itu, Kapolsek Bintim AKP Muchlis Nadjar melalui Kanit Reskrim Polsek Bintim Ipda M Fajri menyampaikan bawah rekontruksi ini guna mencocokan hasil dari pemeriksaan terhadap pelaku dan saksi.

"Jadi kita bersama kejaksaan, menggelar rekontruksi ini agar mencocokan lagi dari hasil pemeriksaan yang sudah kita lakukan terhadap pelaku dan saksi. Kemudian berkas akan segera dilimpahkan ke kejari Bintna," beber Fajri.

Editor: Yudha