Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota YKI Cabang Karimun Masa Bakti 2018-2023 Resmi Dilantik
Oleh : Wandy
Senin | 29-10-2018 | 15:28 WIB
yki-karimun1.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun menyerakan cinderamata kepada Ketua Bidang Umum YKI Pusat, Fenny Iriana Marsetio. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Karimun masa bakti 2018-2023 resmi dilantik pada Senin (29/10/2018) di Gedung Nasional Karimun.

Sebanyak 35 anggota YKI Cabang Karimun dilantik secara resmi oleh Ketua Bidang Umum YKI Pusat, Fenny Iriana Marsetio.

"Yayasan Kanker Indonesia (YKI) merupakan organisasi yang bersifat sosial serta kemanusiaan di bidang kesehatan, terutama dalam penanggulangan kanker," katanya Fenny.

Menurutnya, banyak temuan kasus kanker di masyarakat seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker kulit melanoma, kanker darah atau leukimia dan masih banyak lagi. Sehingga membuat YKI hadir dengan tujuan mengupayakan penanggulangan kanker tersebut.

"Ini merupakan tugas mulia, tentunya kita harapkan dapat bersama-sama berupaya penanggulangan kanker sehingga tidak berdamapk besar bagi masyarakat kita khususnya dalam bidang kesehatan," katanya.

Selanjutnya Ketua YKI Provinsi Kepri Noorlizah Nurdin mengingat bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian disuluruh Indonesia. Karena berdasarkan data WHO menunjukkan penderita kanker di dunia setiap tahun bertambah sekitar 7 juta orang.

"Dan dua pertiganya berada di negara-negara yang sedang berkembang. Maka dari itu jika hal tersebut tidak dikendalikan kemungkinan pada 2023 diperkirakan mencapai 26 juta orang yang akan menderita kanker," katanya.

Sementara itu, Ketua YKI Cabang Karimun Raja Asmah mengatakan, untuk penanggulangan kanker ini dapat berhasil bial dilakukan oleh semua pihak. Untuk itu langkah awal YKI Cabang Karimun memiliki beragam program salah satunya sosialisasi dan pencegahan.

"Pasalnya selama ini kanker yang banyak diderita adalah jenis kanker serviks dan payudara yang banyak menyerang perempuan. Maka YKI bisa ambil bagian promotif dan preventif tentunya perlu kerjasama, dukungan yang bisa membantu untuk mengurangi jumlah penderita kanker," katanya.

Selanjutnya penyerahan cendera mata dari Bupati Karimun kepada Ketua Bidang Umum YKI DKI Pusat dan Ketua YKI Provinsi Kepri dan penyerahan bantuan dana kepada Ketua YKI DKI Cabang Karimun. Dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung program pengendalian kanker di Kabupaten Karimun.

Turut hadir Bupati Karimun Aunur Rafiq, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, anggota DPRD Kabupaten Karimun dan 100 peserta.

Editor: Yudha