Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Ingatkan Persatuan dalam Memaknai Hari Sumpah Pemuda
Oleh : Redaksi
Minggu | 28-10-2018 | 11:04 WIB
kirab_santri.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo menghadiri acara pelepasan kirab santri dan jalan sehat sahabat santri

BATAMTODAY.COM, Sidoarjo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pemuda mengenai makna Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Menurut Jokowi, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini dimaknai dengan persatuan bangsa untuk memajukan Indonesia.

Ia optimistis, negara ini akan maju di tangan para pemuda Indonesia apabila terus bersatu. "Bertumpah darah satu Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu Indonesia. Itu yang selalu kami ingatkan. Kita utamannya pemuda harus bergandengan tangan bersatu untuk menggerakkan Indonesia sekarang atau yang akan datang," ujar Jokowi di Delta Wibawa Pendopo Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018).


Presiden juga optimistis Indonesia mampu berkompetisi dan memenangkan persaingan antarnegara. Kendati demikian, menurutnya hal itu hanya dapat diraih apabila pembangunan sumber daya manusia digarap secara optimal.

"Sehingga, yang namanya bonus demografi 2030 betul-betul berdampak signifikan terhadap setiap gerak pemuda dalam rangka memajukan negara ini, bahwa Indonesia maju," ujar dia.

Presiden Jokowi sendiri diagendakan akan memperingati Hari Sumpah Pemuda di Kebun Raya Bogor pada malam hari ini.

Kirab Santri
Pada kesemptan itu, Presiden Joko Widodo menghadiri acara pelepasan kirab santri dan jalan sehat sahabat santri dalam rangka istighasah kubro di alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018). Istighasah kubro untuk memperingati puncak hari santri nasional itu diikuti oleh jutaan santri.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja koko putih serta kopiah hitam dan sarung berwarna coklat tampak tiba pada pukul 06.15 WIB. Dalam acara itu, ia juga tampak didampingi mantan Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin.

"Dengan mengucap bismillahirohmannirahim, kirab santri dan jalan sehat pagi hari ini saya nyatakan diberangkatkan," kata Jokowi saat melepas para santri.

Usai dilepas oleh Presiden, para santri pun langsung bergerak ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk melakukan istighasah kubro. Mereka juga tampak membawa bendera Nahdlatul Ulama.

Selain itu, jalan sehat tersebut diramaikan dengan drumband yang dimainkan oleh para peserta. Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan yang juga Sekjen PKB Hanif Dhakiri, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menristekdikti M Nasir, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Editor: Surya